Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara dan Panduan Khatam Alquran di Bulan Ramadan: One Day One Juz

Simak cara dan panduan khatam Al-Qur’an yang paling umum adalah menerapkan one day one juz
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Alquran merupakan kitab suci sekaligus pedoman hidup bagi umat Islam. Makna yang terdapat dalam setiap ayatnya, menjadi bukti atas Jawaban Allah atas segala hal yang terjadi di dunia.

Selama bulan suci Ramadan, membaca Alquran menjadi kegiatan yang mendatangkan banyak pahala. Banyak umat Islam yang berlomba-lomba menuju kebaikan, teruAl-Qurantama khatam 30 juz Alquran selama bulan Ramadan. Maka dari itu, Anda perlu memahami berbagai cara dan panduan untuk khatam Alquran.

Abdullah Ibn Masud menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata:

“Siapa pun yang membaca satu surat dari Kitab Allah akan mendapatkan satu hadiah dengan itu. Satu hadiah sama dengan sepuluh hadiah seperti itu. Saya tidak mengatakan bahwa Alif-Lam-Meem adalah surat, tetapi Alif adalah surat, Lam adalah surat dan Meem adalah surat.” [Tirmidhi].

Dilansir dari havehalalwithtravel.com, cara dan panduan khatam Al-Quran yang paling umum adalah menerapkan one day one juz. Metode ini dilakukan dengan cara:

1. Membaca 4 halaman setelah membaca doa wajib setelah salat.

2. Membaca 2 halaman sebelum dan sesudah membaca doa wajib setelah salat.

3. Membaca 5 halaman dari pagi, siang, sore, dan malam.

4. Membaca 10 halaman di pagi hari, dan 10 halaman di malam hari.

Jika diperhitungkan secara garis besar, 1 juz yang terdapat dalam Al-Qur’an memiliki sekitar 20 jumlah halaman. Dari jumlah 20 halaman tersebut, Anda bisa membagi dan memilih waktu sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kestabilan niat dan keinginan seseorang dalam membaca Al-Qur’an. Luangkan waktu sejenak untuk membaca Al-Qur’an setiap harinya. Khusus perempuan yang memiliki tamu bulanan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Al-Qur’an yang dapat diakses pada handphone pribadi. 

Opsi lainnya adalah dengan melakukan aktivitas ibadah lainnya, atau dengan cara membaca Al-Qur’an sebanyak 2 juz setiap harinya. Jika Anda mengalami kesulitan, bergabunglah dengan teman-teman untuk melakukan tadarus bersama setiap harinya. Supaya tujuan untuk khatam Al-Qur’an di bulan Ramadan dapat terwujud dengan baik.

Melalui cara dan panduan khatam Al-Qur’an yang telah dijelaskan, kunci utamanya adalah niat dan usaha dari pribadi orang tersebut. Ketika orang sudah memiliki niat, maka semuanya akan berjalan dengan mudah sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

Selanjutnya, didukung oleh usaha yang dilakukan setiap harinya dalam mengoptimalkan hafalan maupun membaca Al-Qur’an, supaya mampu khatam selama 30 hari tersebut. Niatkan segalanya untuk Allah SWT, maka segala urusan yang baik selama bulan Ramadan akan dipermudah dan diberkahi segalanya.

Jangan lupa, lakukan ibadah lainnya selama bulan Ramadan. Tidak hanya membaca Al-Qur’an, melainkan dengan melakukan salat lima waktu, perbanyak sedekah, bersalawat, dan saling berbagi, mampu memberikan banyak pahala dan keberkahan bagi diri Anda. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper