Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Keutamaan Bulan Ramadan Dibandingkan Bulan Lainnya

Simak keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan lain.
Keutamaan bulan Ramadan/freepik
Keutamaan bulan Ramadan/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu kehadirannya bagi umat islam. Pada bulan ini banyak sekali keutamaan bulan Ramadan yang berbeda dengan bulan lainnya.

Dilansir dari lampung.nu.or.id dan jabar.nu.or.id, bulan Ramadan mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan yang besar, salah satunya yakni semua amal saleh yang dilakukan para umat islam pada bulan ini akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Simak keutamaan bulan Ramadan

1. Pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup

Bulan yang sangat suci bagi umat muslim ini memiliki keutamaan yang berbeda dengan bulan lainnya, yakni pada bulan ini semua pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup. Keistimewaan lain pada bulan ini yakni para setan akan dibelenggu.

Rasulullah saw bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad).


2. Berpuasa pada bulan Ramadan dapat menebus dosa-dosa yang telah lewat

Bagi para umat islam tidak akan sia-sia apabila menjalankan ibadah puasa dengan menahan nafsu dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, apabila menjalaninya dengan ikhlas, Allah swt akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Artinya: Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhari dan Muslim).

3. Mendapatkan pahala yang sama ketika memberi bukaan kepada orang yang berpuasa 

Bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan, banyak sekali ibadah yang dapat dilakukan dalam bulan ini, salah satu ibadah yang cukup sering dilakukan yakni bersedekah.

Bersedekah merupakan ibadah yang dilakukan seseorang dengan memberi sebagian harta atau non harta yang dikeluarkan seseorang untuk membantu orang lain.

Ketika bulan Ramadan banyak umat islam yang melakukan sedekah dengan memberikan makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa. Jika, seseorang memberikan bukaan kepada orang yang berpuasa maka akan mendapatkan pahala yang serupa dengan orang yang berpuasa.

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Artinya:  Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut (HR Ahmad).


4. Doa orang berpuasa mujarab 

Bagi para umat islam dianjurkan untuk menjaga lisan baik dibulan suci ini atau pada bulan lainnya. Pada bulan Ramadan segala doa yang dipanjatkan kepada Allah swt akan lebih mujarab dibandingkan dengan bulan lainnya maka dari itu berucaplah yang baik-baik dalam bulan ini.


Rasulullah saw bersabda:


ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ


Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya (HR Baihaqi).

5. Membaca Al-Qur’an dan berpuasa pada bulan Ramadan akan mendapatkan pertolongan dihari kiamat

Banyak ibadah yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan, salah satunya membaca Al-Qur’an. Bagi orang yang membaca Al-Qura’an saat bulan Ramadan akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Allah swt ketika hari kiamat tiba.


Rasulullah saw bersabda:

اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ 


Artinya: Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari” Al-Qur’an juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat (HR Ahmad).


6. Melaksanakan umrah pada bulan Ramadan akan mendapatkan pahala seperti melakukan haji

Pergi umrah dan haji merupakan rukun iman kelima, banyak dari umat islam yang menabung untuk dapat pergi kesana. 

Pada bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan, salah satunya ketika melaksanakan ibadah umrah. Bagi umat islam yang ingin melaksanakan umrah pada bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang sama seperti melakukan ibadah haji.

Rasulullah saw bersabda:


فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ


Artinya: Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji (HR Bukhari).

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper