Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Penghitungan Resmi KPU dan Link Real Count Pilpres 2024

Penghitungan suara Pilpres 2024 di setiap TPS akan berlangsung pada hari H Pilpres yakni 14 Februari 2024, sedangkan rekapitulasinya 15 Februari–26 Maret 2024.
Kotak suara Pemilihan Umum 2019/Bisnis.com-Andhika
Kotak suara Pemilihan Umum 2019/Bisnis.com-Andhika

Bisnis.com, JAKARTA — Hasil penghitungan suara resmi untuk Pilpres 2024 akan ditayangkan di laman resmi Komisi Pemilihan Umum.

Proses penghitungan resmi dari KPU akan menggunakan metode penghitungan sebenarnya atau real count. Dengan begitu, data yang diunggah KPU di laman resminya merupakan hasil hasil penghitungan dan rekapitulasi seluruh suara yang terkumpul di tempat pemungutan suara (TPS). 

Penghitungan suara di setiap TPS akan berlangsung pada hari H Pilpres yakni 14 Februari 2024. Adapun, proses rekapitulasi suara Pilpres 2024 akan berlangsung pada 15 Februari–26 Maret 2024.

Ketua KPU Hasyim Asyari sebelumnya mengklaim hasil penghitungan suara dari masing-masing TPS akan dipublikasikan apa adanya di laman resmi KPU. 

Nantinya, data C1 di setiap TPS diunggah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melalui sistem Sirekap.

Sirekap adalah sistem yang menjadi alat bantu untuk menghitung hasil asli (real count) Pemilu atau berbeda dengan data hitung cepat (quick count). 

Proses perhitungan real count Pilpres 2024 dengan Sirekap ini diproses secara berjenjang, mulai dari TPS, kemudian direkapitulasi secara pleno di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), lalu ke KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi, dan kemudian KPU pusat.

AKSES PUBLIK

Sebagai informasi, ada dua jenis layanan Sirekap, yakni Sirekap Mobile yang digunakan para petugas KPPS untuk melaporkan hasil pemilu dan Sirekap Web yang digunakan PPK dan KPU untuk merekapitulasi hasil pemilu. 

Sirekap Web juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk mengunduh hasil pemilu dari masing-masing tahapan perhitungan suara.

Hasyim mengatakan nantinya setiap masyarakat dapat mengakses dan mengunduh formulir hasil penghitungan suara tersebut dan mencocokan dari data yang ada. 

“Peserta pemilu akan kami berikan akses Sirekap web untuk kepentingan itu. Jadi kepentingannya adalah mempercepat publikasi dan mempermudah siapapun untuk bisa mengakses informasi tersebut,” ujar Hasyim pada konferensi pers, Senin (12/2/20224). 

Adapun, real count Pilpres 2024 dapat diakses melalui laman resmi KPU atau melalui link berikut ini: https://pemilu2024.kpu.go.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper