Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kampanye di JIS Vs GBK, Siapa Pemenangnya?

Lokasi kampanye Anies-Cak Imin di JIS dan Prabowo-Gibran di GBK meramaikan mention serta interaksi di media sosial.
Massa pendukung Paslon No Urut 02 Prabowo-Gibran memadati stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan untuk kampanye akbar pada Sabtu (10/2/2024). JIBI/Afifah Rahmah Nurdifa
Massa pendukung Paslon No Urut 02 Prabowo-Gibran memadati stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan untuk kampanye akbar pada Sabtu (10/2/2024). JIBI/Afifah Rahmah Nurdifa

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga analisis media sosial Drone Emprit melaporkan hasil mention serta interaksi di media sosial Twitter, media massa, Instagram, dan YouTube, antara Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menggelar kampanye akbar bertajuk Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah pada Sabtu pagi (10/2/2024). Massa pendukung AMIN membanjiri Jakarta International Stadium (JIS) yang berkapasitas 82.000 penonton hingga ke bagian luar.

Sementara itu, Kampanye akbar Prabowo-Gibran paslon 02 di Gelora Bung Karno (GBK) juga berlangsung secara meriah meriah setelah pintu gerbang di sejumlah tititk dibuka pada Sabtu (10/2/2024). Tim Kampanye Nasional (TKN) menyebut sebanyak 120.000 orang telah memadati area tribun dan festival.

Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi menyampaikan pada tanggal 10 Februari 2024, di Jakarta terjadi dua kampanye akbar terakhir dari dua Paslon 01 dan Paslon 02. Penyebutan lokasi kampanye ini, JIS untuk Paslon 01 dan GBK untuk Paslon 02, menarik untuk dibandingkan.

Sejak tanggal 7 Februari hingga hari H acara tanggal 10 Februari 2024, trend percakapan di Twitter tentang JIS selalu lebih tinggi dibandingkan tentang GBK. Puncaknya mention keduanya terjadi pada tanggal 10 Februari 2024.

Selama periode 7-10 Februari 2024, volume percakapan tentang kedua lokasi yakni JIS: 310.000 (77%) dan GBK: 93.000 (23%)

"Volume percakapan tentang JIS jauh lebih besar dibandingkan tentang GBK. Ini memperlihatkan tingginya minat netizen untuk membicarakan kedua lokasi kampanye akbar tersebut," jelas Ismai Fahmi dalam akun Twitter-nya.

Kampanye di JIS Vs GBK, Siapa Pemenangnya?

Foto massa pendukung Anies-Cak Imin memasuki Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024).

Berikut Daftar Retweeted Terbesar dengan keyword JIS

  • Metro TV (@Metro_TV): Media ini menyoroti partisipasi komunitas Tionghoa dalam acara Kampanye Akbar AMIN, menggambarkan mereka sebagai pendukung dari pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di acara tersebut.
  • Olppaemi Project (@olpproject): Sebuah akun yang mungkin terkait dengan komunitas atau organisasi tertentu, mengajak semua orang untuk bergabung dalam keseruan dan meningkatkan semangat hanya di HUMANIES FESTIVAL di JIS pada tanggal 10 Februari.
  • Muhammad Assa...: Akun ini dengan semangat menyatakan dukungan untuk Anies sebagai Presiden, menekankan bahwa banyak orang hadir dengan antusias dan partisipasi dalam acara tersebut merupakan tanda perubahan.
  • Anies Rasyid ... (@aniesbaswedan): Akun ini, yang sepertinya milik Anies Baswedan sendiri, berbicara tentang keajaiban JIS dan bagaimana impian bertemu dengan ribuan massa di sana telah terwujud. Cuitan ini memancarkan semangat perubahan yang datang dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
  • Raditya...: Akun ini tampaknya mengomentari pidato lengkap Anies Baswedan di acara Kampanye Akbar, yang diadakan di JIS.
  • Radesa (@Brigade01...): Menyoroti animo masyarakat yang ingin perubahan nasib bangsa, menyatakan bahwa mereka berkumpul di JIS tanpa dibayar, menunjukkan bahwa kehadiran mereka didorong oleh dukungan terhadap perubahan.
  • Relawan ABW (@abwnews_): Akun ini menggambarkan JIS sebagai lautan perubahan, menunjukkan bahwa ada janji yang dipegang dan dukungan kuat dari massa pendukung.
  • Reinhardt Herm...: Akun ini berbagi kekaguman atas jumlah orang yang hadir di JIS, menyatakan kekaguman dengan tagar #speechless.
  • Yurissa Agustina S...: Akun ini mencatat adanya teriakan "Presiden ... Presiden" dari peserta Kampanye Akbar, mengindikasikan dukungan populer untuk Anies sebagai presiden.

Berikut Daftar Retweeted Terbesar dengan keyword GBK

  • YukBerisik menyoroti perbedaan antara pendukung yang hadir di dua lokasi, JIS dan GBK, dengan menyebut bahwa kehadiran di JIS tidak disertai dengan fasilitasi transportasi dan logistik, sedangkan kehadiran di GBK diperlihatkan dengan sikap sinis.
  • Satya Bumi menyampaikan informasi tentang desain kecurangan pemilu 2024 dan promosi film yang berkaitan dengan pemilu yang disebut "DIRTY VOTE."
  • diss mengomentari bagaimana kehadiran dua tokoh politik, Prabowo dan Gibran, dapat menimbulkan antusiasme besar, terutama di GBK, dan menekankan pentingnya pendukung dalam suatu kampanye.
  • Tempo.co melaporkan tentang kehadiran pelajar SMA dalam kampanye politik di GBK yang menawarkan makan gratis, mengindikasikan adanya event politik dengan insentif untuk menarik peserta.
  • NdrewsTjan menyarankan bahwa tidak seharusnya ada perbandingan antara kampanye Jokowi dengan kampanye O2 di GBK, menunjukkan preferensi untuk standar yang ditetapkan oleh kampanye Jokowi.
  • NinzExe07 memberikan informasi tentang acara besar AMIN di JIS dan membuat perbandingan dengan GBK.
  • Spirit 212 mengumumkan hadirnya massa dalam acara besar AMIN di JIS dan menggunakan hashtag yang mengindikasikan dukungan terhadap suatu gerakan atau kampanye politik.
  • Widas mengutarakan bahwa yang lebih penting dari perbandingan antara GBK dan JIS adalah keselamatan dari semua yang hadir, menunjukkan kepedulian terhadap aspek kemanusiaan di atas rivalitas politik.
  • Gerpolek Plot mengungkapkan kelelahannya terhadap pertempuran media antara GBK dan JIS dan masalah disinformasi, dengan menyebutkan kasus penculikan aktivis yang bernama Munir.
  • info_bera... mengajak teman-teman untuk mendukung acara di GBK yang berhubungan dengan Prabowo, menunjukkan adanya mobilisasi untuk mendukung kampanye politik.
  • http://kompas.com melaporkan tentang Joko Widodo yang mengunjungi hotel tempat pendukung Prabowo-Gibran berkumpul setelah kampanye di GBK.
  • INAY mengajak untuk berpartisipasi dalam sebuah acara yang tampaknya adalah kampanye politik dan menyediakan tautan untuk streaming langsung acara tersebut.

Kampanye di JIS Vs GBK, Siapa Pemenangnya?

Kampanye Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2/2024).

Berita Online JIS Vs GBK

Dalam periode 7-10 Februari 2024, tren penyebutan di media online lebih banyak mengangkat soal JIS daripada GBK. Puncak pemberitaan pada tanggal 10 Februari, dengan 7.000 mention tentang JIS dan 2.000 mention tentang GBK.

Total volume penyebutan di media online untuk kedua lokasi kampanye adalah JIS: 13.600 mention (82%), GBK 3.000 mention (18%)

"Media jauh lebih banyak memberitakan tentang JIS dibanding GBK. Dan puncak pemberitaan pada tanggal 10 Februari memperlihatkan kalau penyebutan ini berhubungan dengan kampanye terakhir kedua paslon," papar Ismail Fahmi.

Media Sosial JIS Vs GBK

Di Instagram, trend mention tentang JIS awalnya lebih tinggi dibandingkan GBK. Menjelang hari H kampanye, tren JIS masih lebih tinggi, tetapi tidak jauh beda dengan GBK. Volume mention JIS 340 mention (60%), GBK 227 mention (40%).

Trend interaksi di Instagram terkait JIS lebih besar dibandingkan tentang GBK, dengan JIS 1,5 juta interaksi (72%), dan GBK 598.000 interaksi (28%)

Tren jumlah video di YouTube dalam periode analisis yang mengangkat JIS selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK. Puncaknya pada hari H, setidaknya ada 417 video tentang JIS dan 150 video tentang GBK.

Selama periode analisis, total video di YouTube perihal JIS mencapai 1.033 video (77%), GBK 312 video (23%). Tren total interaksi pada video tentang JIS selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK.

Total volume interaksi selama periode analisis adalah JIS 17,7 juta interaksi (65%), dan GBK 9,6 juta interaksi (35%)

Adapun di Google Tren, pencarian tentang JIS dan GBK dalam 7 hari terakhir memperlihatkan volume pencarian untuk JIS sedikit lebih tinggi dibandingkan untuk GBK.

Kampanye di JIS Vs GBK, Siapa Pemenangnya?

Ismail Fahmi pun menyimpulkan di semua kanal (Twitter, News, Instagram, YouTube) yang dimonitor selama periode 7-10 Februari 2024, JIS mendapatkan jumlah mention dan interaksi yang lebih tinggi dibandingkan GBK.

"Ini memperlihatkan minat netizen di platform media sosial tersebut dan media online yang lebih tinggi tentang JIS yang menjadi lokasi kampanye terakhir paslon 01 dibandingkan GBK yang menjadi lokasi paslon 02," paparnya.

Dalam analisis ini, lokasi kampanye paslon 03 di Simpang Lima, Semarang, tidak diikutkan, karena dalam percakapan netizen yang ada adalah upaya membandingkan lokasi JIS dan GBK saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper