Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Connie Bakrie: Jokowi Minta Sultan HB X Fasilitasi Pertemuan dengan Megawati

Presiden Jokowi disebut sempat bertanya kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X, untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati.
Presiden RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat, Jumat. /DOK HUMAS PEMDA DKI
Presiden RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat, Jumat. /DOK HUMAS PEMDA DKI

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut sempat bertanya kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono atau Sultan HB X, apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. 

Obrolan antara Jokowi dan Sultan HB X itu diungkap oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Dia menyampaikan bahwa sempat bertemu dengan Sultan HB X usai bertemu dengan Jokowi. 

Menurut Connie, Jokowi sempat bertanya kepada Sultan HB X apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati, apabila Raja Kasultanan Yogyakarta itu bertemu dengannya. 

"Dia [Jokowi] bilang, 'Kalau nanti bertemu dengan Ibu Mega, Sultan berkenan enggak memfasilitasi?'. Bukan [Jokowi] minta [dipertemukan dengan Megawati]," katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (9/2/2024). 

Connie juga menyinggung bahwa Sultan HB X sempat berpesan kepada Jokowi agar tidak menyakiti Megawati. Hal itu lantaran Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden ke-5 itu merupakan anak dari proklamator, yakni Presiden Soekarno. 

Menurut Connie pribadi, kesulitan Jokowi untuk bertemu dengan ketua umum partainya sendiri merupakan salah pribadinya. 

"Salah Presiden [Jokowi] menyakiti Ibu Mega, sekarang mau bertemu dengannya," ucapnya. 

Adapun pertemuan antara Jokowi dan Sultan HB X berlangsung saat Kepala Negara mengunjungi Keraton Kilen, Yogyakarta, Minggu (28/1/2024). Pihak Keraton menyampaikan bahwa kunjungan itu tidak berkaitan dengan urusan politik.

Usai pertemuan tertutup bersama Sultan sekitar satu jam lebih, Jokowi hanya tersenyum dan menyapa awak media dengan melambaikan tangan dari dalam mobil meninggalkan lokasi.

Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro menuturkan kunjungan Presiden di kediaman Sultan merupakan silaturahmi biasa. 

"Ini kan hal yang sudah biasa kalau beliau ke Yogyakarta dan ada waktu biasanya memang silaturahmi kepada Ngarsa Dalem [Sultan HB X]," ujar Notonegoro usai pertemuan itu, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Megawati sudah menyatakan bahwa tidak akan menemui Jokowi sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 selesai. Seperti diketahui, PDIP mengusung pasangan calon (paslon) nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Jokowi pun dinilai condong memberikan dukungannya kepada paslon nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Gibran, yang juga merupakan Wali Kota Solo, merupakan putra sulung Jokowi. Beberapa pihak pun menilai hal tersebut menjadi salah satu penyebab kerenggangan hubungan antara Jokowi dan Megawati. 

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan bahwa Megawati tidak ingin TPN hilang fokus untuk memenangkan paslon yang diusung. 

"Pesan Ibu Mega ke kami jelas, fokus untuk pemenangan Pemilu 14 Februari 2024. Jangan teralihkan konsentrasinya ke hal-hal lain," ujar Andi di Media Center TPN, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Oleh sebab itu, lanjutnya, kalaupun memang Megawati dan Jokowi bertemu maka akan terjadi setelah hari pencoblosan 14 Februari 2024. Itupun apabila Ganjar-Mahfud memang Pilpres 2024.

"Jadi pertemuan antara Pak Jokowi dengan Ibu Mega pasti akan terjadi setelah Mas Ganjar menang. Namun, sebelum itu kami harus fokus untuk pemenangan 14 Februari 2024," kata mantan Gubernur Lemhannas itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper