Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD Ingin Bertemu Jokowi, Istana: Disampaikan ke Presiden Kamis Ini

Pratikno menekankan bahwa dalam pertemuan tersebut, Mahfud belum menyerahkan surat pengunduran diri dari kursi menteri.
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024

Bisnis.com, JAKARTA – Istana Kepresidenan mengonfirmasi adanya pertemuan antara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Senin (29/1) malam.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengaku bahwa Pratikno mengabarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih melakukan kunjungan kerja (kunker) dan akan kembali pada Kamis (1/2/2024). 

Oleh sebab itu, Ari melanjutkan permintaan tersebut akan disampaikan kepada Kepala Negara usai Jokowi menyelesaikan kunjungan kerja dan tiba di Jakarta kembali pada lusa mendatang.

“Pak mensesneg akan melaporkan permohonan pak Menkopolhukam kepada presiden pada kesempatan yang sama. Akan diinfokan setelah pak Presiden kembali ke Jakarta,” ucapnya di kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Selasa (30/1/2024).

Meski begitu, dia menegaskan bahwa dalam pertemuan kemarin malam, Menko Polhukam belum menyampaikan surat mundur. Adapun, terkait dengan mekanisme mundur bagi menteri saat pemilu, kata Ari pun tak ada yang berbeda yaitu dengan menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden.

Hanya saja, Ari melanjutkan bahwa saat ini Mahfud MD ingin bertemu dulu dan menghadap Presiden secara langsung. Nantinya, setelah pertemuan tersebut, akan ada mekanisme selanjutnya terkait dengan keputusan Presiden dalam memberi persetujuan atas pengunduran diri permohonan itu.

Bentuk keputusan apabila disetujui adalah munculnya Keputusan Presiden (Keppres). Di sisi lain, dia mengatakan bahwa untuk pengganti Mahfud MD pun belum ada sosok yang dapat disampaikan.

“Mekanismenya kan sudah ada juga dalam tata kelola pemerintahan kita. Biasanya ada Ad Interim ya. Namun, ini kan baru berandai andai. Karena pak Mahfud MD belum diterima pak Presiden,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengamini adanya pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Senin (29/1) malam.

Pratikno menjelaskan bahwa calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 itu meminta untuk menghadap dan bertemu langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Benar Prof MMD (Mahfud MD) bertemu saya tadi malam," ujarnya kepada wartawan melalui pesan singkat, Selasa (30/1/2024).

Lebih lanjut, Pratikno menekankan bahwa dalam pertemuan tersebut Mahfud pun memang belum menyerahkan surat pengajuan pengunduran diri dari kursi menteri.

Menurutnya, pasangan dari calon presiden (capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo itu hanya ingin melakukan pertemuan dengan Presiden. Meski begitu belum dapat dikonfirmasi kapan kedua tokoh Negara itu akan bertemu.

“Belum menyerahkan surat [pengunduran diri] tersebut,” pungkas Pratikno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper