Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Imin & Ganjar-Mahfud

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Prabowo-Gibran mengungguli paslon Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga survei, Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas capres-sawapres saat ini dipimpin oleh pasangan calon nomor urut 2 yakni Prabowo-Gibran yang mencapai 48,55%.

Direktur Eksekutif Lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya menjelaskan, berdasarkan survei yang diselenggarakan pada 10 - 16 Januari 2024 itu, posisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menempati peringkat kedua dengan tingkat elektabilitas 24,17%.

Adapun, elektabilitas paslon capres dan cawapres nomor urut 3 yaitu Ganjar-Mahfud sebesar 21,6%.

"Prabowo-Gibran unggul signifikan dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Tidak berbeda dengan simulasi nama tanpa pasangan dan tanpa foto," jelas Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya dikutip Sabtu (20/1/2024).

Sementara itu, survei Indikator juga mencatat bahwa tren pasangan Prabowo-Gibran terus meningkat signifikan pasca debat capres pada 7 Januari 2024. Di mana, saat ini posisinya duduk di level 48,6%.

Apabila dibandingkan dengan dua pasangan lainnya, kedudukan Prabowo-Gibran jauh unggul dibandingkan dengan elektabilitas AMIN sebesar 24,2% dan Ganjar-Mahfud sebesar 21,6%.

Kendati demikian, bila dilihat dari sisi stabilitas dukungan pada 3 pasangan tersebut, posisinya hampir proporsional pada level rata-rata sebesar 80%.

Adapun perinciannya, basis kuat tim Anies-Muhaimin sebesar 87,6%, Prabowo-Gibran sebesar 86,3% dan Ganjar-Mahfud sebesar 87,1%.

"Basis pendukung kuat secara proporsional cenderung imbang," jelas Burhanuddin.

Sebagai informasi, Lembaga Indikator politik Indonesia baru saja merilis hasil survei bertajuk "Efek Elektoral Debat Capres: Perbandingan Temuan Survei Tatap Muka dan Survei Telepon.

Survei tersebut dilakukan melalui dua tahap berbeda, yakni survei tatap muka dilakukan pada periode 10 - 16 Januari 2023 dan survei telepon dilakukan pada 13 - 14 Januari 2024.

Adapun, populasi dalam survei tersebut yakni seluruh warga negara Indonesia yang telah memliki hak pilih dalam pemilihan umum, atau mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 orang yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper