Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Capres 2024: Prabowo-Gibran Sapu Bersih Luar Jawa-Sumatra

Prabowo-Gibran menguasai seluruh wilayah di luar Jawa dan Sumatra versi sejumlah lembaga survei.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di kawasan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Walda
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di kawasan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Walda

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hampir mendominasi semua lembaga survei. Elektabilitas mereka telah tembus di atas 40 persen.

Namun demikian, capaian itu diprediksi belum mampu membawa pasangan yang didukung oleh mayoritas partai pemerintah tersebut menang Pilpres 2024 satu putaran.

Pasalnya, jika melihat peta konstelasi politik yang ditunjukkan oleh sejumlah lembaga survei, Prabowo-Gibran setidaknya memiliki beberapa pekerjaan rumah. Di Jawa, beberapa survei memang telah menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran menang di hampir semua provinsi, kecuali Jawa Tengah.

Selain itu, di Sumatra, elektabiltas pasangan Prabowo-Gibran juga digerogoti oleh pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

Lalu bagaimana di daerah lain?

Survei versi Centre for Strategic and International Studies atau CSIS, misalnya, Prabowo hampir menang di semua wilayah di Indonesia, khususnya di luar Jawa dan Sumatra. Di Bali Nusra, elektabilitas paslon nomor 2 itu sebesar 45,7 persen, Kalimantan 41,3 persen, Sulawesi dan Gorontalo 50 persen, serta Maluku dan Papua 57,5 persen.

Capaian itu jauh di atas Anies-Muhaimin maupun Ganjar Pranowo- Mahfud MD. Bali Nusra misalnya Anies-Muhaimin 14,3 persen, Ganjar Pranowo 30 persen.

Kalimantan Anies-Muhaimin 35 persen, Ganjar-Mahfud 12,5 persen. Sulawesi-Gorontalo Paslon AMIN 25,6 persen, GAMA 7,8 persen. Maluku dan Papua  AMIN 32,5 persen dan GAMA 10 persen.

Sementara itu, versi Indikator Politik, Pranowo tetap mendominasi di Bali Nusa dengan capaian elektabilitas 48,9 perse. AMIN dan GAMA masing-masing 10,7 persen dan 30 persen. Kalimantan Prabowo-Gibran 42,8 persen, Anies-Imin 21,3 persen, dan Ganjar-Mahfud 32,1 persen.

Adapun di Sulawesi, Prabowo-Gibran masih terlalu perkasa, mereka memperoleh elektabilitas 42,1 persen, Anies-Imin 27,9 persen dan Ganjar-Mahfud 18 persen. Sedangkan di Maluku dan Papua, Prabowo-Gibran 58,3 persen, Anies-Imin 12,6 persen dan Ganjar-Mahfud 21,9 persen.

Versi Litbang Kompas, Prabowo-Gibran di Bali-Nusra mencapai 57,8 persen, Anies-Imin 6 persen, Ganjar-Mahfud 27,7 persen. Elektabilitas Prabowo-Gibran juga unggul di Kalimantan dengan angka 42 persen, Anies-Imin 19,8 persen, dan Ganjar-Mahfud 8,6 persen.

Sulawesi juga masih didominasi Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 46,9 persen. Anies-Muhaimin di peringkat kedua dengan angka 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud 10,4 persen. 

Tren dominasi Prabowo-Gibran juga terjadi di Maluku-Papua, paslon nomor urut 2 itu memiliki elektabilitas 42 persen, Anies-Muhaimin 14 persen, dan Ganjar Mahfud 18 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper