Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amankan Debat Ketiga Pilpres 2024, Polisi Kerahkan 2.366 Personel

Personel tersebut tak hanya berasal dari unsur kepolisian, tetapi juga mencakup unsur TNI hingga pemerintah daerah.
Suasana debat pertama capres Prabowo, Anies, dan Ganjar / tangkapan layar Youtube
Suasana debat pertama capres Prabowo, Anies, dan Ganjar / tangkapan layar Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya akan mengerahkan 2.366 personel untuk mengamankan debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memerinci personel tersebut tak hanya berasal dari unsur kepolisian, tetapi juga mencakup unsur TNI hingga pemerintah daerah.

“Polda Metro Jaya telah membuat perencanaan dalam pengamanan kegiatan tersebut. Ini ada 2.366 personel yang terdiri dari satgas pusat, kemudian satgas daerah maupun satgasres, kemudian dari pemangku kepentingan lainnya seperti juga TNI maupun dari pemerintah daerah,” katanya kepada wartawan di Jakarta, dikutip Jumat (5/1/2024) 

Mengenai pelaksanaan debat yang bertempat di Istora Senayan, pihaknya juga akan menjaga ketertiban lalu lintas. Salah satunya dengan menerapkan rekayasa lalu lintas apabila diperlukan.

Itu sebabnya, Polda Metro Jaya juga mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jalan umum pada waktu yang sama dengan pelaksanaan debat, agar bersiap apabila terdapat pengaturan lalu lintas.

“Direktorat Lalu Lintas akan melakukan pengaturan terhadap pintu gerbang, kemudian akses dan beberapa tempat lainnya yang sifatnya nanti, apabila dibutuhkan, tentu akan kita lakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas. Namun, sifatnya situasional,” sambungnya.

Selain itu, Trunoyudo mengatakan bahwa pihaknya juga menyiapkan berbagai kantong parkir kendaraan bagi pihak yang berkepentingan datang ke lokasi debat tersebut.

“Tentu banyak kantong-kantong parkir yang kita siapkan, baik itu tempat area parkir utama dari Istora Senayan dan kemudian dari lapangan madya dan daerah-daerah lainnyam, tentu ini akan jadi bagian dari kantong-kantong parkir,” tandasnya.

Sebagai informasi, KPU telah menetapkan lokasi debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat ketiga yang hanya diikuti masing-masing capres itu akan membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

KPU juga telah menetapkan 11 orang panelis debat dan dua orang moderator. Jurnalis senior MNC Group, Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki akan menjadi moderator debat kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper