Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rizal Ramli Tutup Usia, Eks Jubir Gus Dur hingga Politikus Merasa Kehilangan

Wafatnya Rizal Ramli akan membuat Indonesia kehilangan sosok kritis yang kerap berpegang pada kebenaran.
Rizal Ramli/Dok.Bisnis.
Rizal Ramli/Dok.Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA - Meninggalnya Mantan Menko Kemaritiman sekaligus tokoh penggerak mahasiswa era 1997-1998 Rizal Ramli membuat beberapa tokoh publik merasa kehilangan sosok ekonom dalam negeri ini. 

Salah satunya, Aiman Witjaksono yang merasa kehilangan sosok yang ia nilai sebagai salah seorang tokoh kritis di Tanah Air. 

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD ini juga menganggap bahwa wafatnya Rizal Ramli akan membuat Indonesia kehilangan sosok kritis yang kerap berpegang pada kebenaran.

"Siapapun seorang Rizal Ramli pasti akan tahu bahwa dia adalah sosok yang kritis yang tak akan pernah terbeli dan berdiri atas nama kebenaran,” kata Aiman di rumah duka Rizal Ramli dibilangan Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024).

Di sisi lain, eks juru bicara Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi menyebutkan bahwa wafatnya eks Menko Kemaritiman ini akan membuat Indonesia kehilangan atas sosok kritikus andal.

Adhie juga melihat bahwa Rizal Ramli merupakan orang berani mengkritik siapapun tanpa pandang bulu, termasuk teman atau rekannya sendiri yang melalukan penyimpangan.

“Mas rizal ini di luar maupun di dalam [pemerintahan] tetap kritis sehingga sekarang Indonesia kehilangan tokoh yang mengkritisi siapa saja," ujarnya.

Selain keduanya, politikus PDI Perjuangan (PDI-P), Hendrawan Supratikno juga merasakan kehilangan sosok Rizal Ramli.

Menurur Hendrawan, Rizal Ramli adalah seorang sahabat dan mentor yang memberikan banyak sekali pengetahuan bagi bagi dirinya.

“Pak Rizal ini luar biasa sangat unik dalam konteks Indonesia karena beliau berani menyampaikan gagasan-gagasannya yang orisinal, secara konsisten dengan risiko yang tidak kecil. Itu sebabnya bangsa Indonesia kehilangan seorang figur bernama Rizal Ramli,” ucap Hendrawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper