Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak, Wapres Maruf Beri 3 Pedoman Bikin Fatwa

Wapres RI Ma’ruf amin menegaskan bahwa Indonesia bukan negara agama, meskipun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.
Wakil Presiden RI K.H Maruf Amin menyerahkan penghargaan alokasi Insentif  Fiskal Tahun 2023 kepada Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, atas keberhasilan dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,saat Rapat Koordinasi Nasional di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis. ANTARA/ Ho- Diskominfosandi Ambon.
Wakil Presiden RI K.H Maruf Amin menyerahkan penghargaan alokasi Insentif Fiskal Tahun 2023 kepada Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, atas keberhasilan dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,saat Rapat Koordinasi Nasional di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis. ANTARA/ Ho- Diskominfosandi Ambon.

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menegaskan bahwa Indonesia bukan negara agama, meskipun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Dia mengamini bahwa dengan penduduk mayoritas beragama Islam, maka fatwa keagamaan memang sangat diperlukan dalam kehidupan kenegaraan. Mengingat, fatwa menjadi tuntunan dan landasan dalam melaksanakan aktivitas keseharian.

Oleh sebab itu, orang nomor dua di Indonesia itu melanjutkan agar tetap sesuai ajaran agama, khususnya aktivitas yang beririsan dengan kebijakan negara. Maka, pemberian fatwa keagamaan perlu terus didorong dengan memperhatikan tiga hal.

“Pertama, terus lakukan pemberian fatwa keagamaan dengan tetap memperhatikan manhajul ifta yang valid dan berorientasi mencari solusi masalah (makharijiy), meringankan (at-taysir), dan membawa kebaikan bagi publik (rahmatan lil ummah),” ujarnya melalui tayangan video, Rabu (27/12/2023).

Kedua, Wapres Ke-13 RI itu menekankan pentingnya menyiapkan para kader ulama yang memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai seorang mufti atau pemberi fatwa.

Menurutnya, saat ini perguruan tinggi dan pondok pesantren memiliki peran strategis dalam penyiapan kader ulama mufti ini. Oleh karenan itu,  setiap pemangku kepentingan yang terlibat perlu mengambil inisiatif lebih proaktif melakukan program tersebut.

Ketiga, tambahnya, perlu dibangun sinergi dan kemitraan lebih kuat antara lembaga keagamaan yang menerbitkan fatwa dengan aparatur pemerintahan.

Wapres asal Tangerang itu juga mengingatkan, kebijakan negara yang tidak sejalan dengan fatwa keagamaan akan dipandang sebagai kebijakan yang kurang memiliki daya dukung dari warga negara pemeluk agama tersebut.

Penyebabnya, jika ada dikotomi antara kebijakan negara dan ajaran agama, maka akan timbul problem kepatuhan. 

“Sehingga, kebijakan negara dapat dijalankan lebih optimal karena ada landasan fatwa keagamaan,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper