Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bila Rusia Menangkan Perang di Ukraina, Picu Perang Dunia III?

Putin menolak pernyataan Biden bahwa Rusia akan menyerang negara NATO, jika memenangkan perang di Ukraina yang akan memicu Perang Dunia III.
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara saat konferensi pers setelah pertemuan puncak para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di Bishkek, Kyrgyzstan, 13 Oktober 2023. Sputnik/Pavel Bednyakov/Pool via REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara saat konferensi pers setelah pertemuan puncak para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di Bishkek, Kyrgyzstan, 13 Oktober 2023. Sputnik/Pavel Bednyakov/Pool via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menolak pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahwa Rusia akan menyerang negara NATO, jika memenangkan perang di Ukraina, dan menambahkan bahwa Rusia tidak tertarik untuk melawan aliansi militer NATO.

Perang di Ukraina telah memicu krisis terdalam dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962, dan Biden tahun lalu memperingatkan bahwa konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia akan memicu Perang Dunia III.

Dalam permohonannya kepada Partai Republik untuk tidak menghalangi bantuan militer lebih lanjut awal bulan ini, Biden memperingatkan bahwa jika Putin menang atas Ukraina maka pemimpin Rusia itu tidak akan berhenti dan akan menyerang negara NATO.

Ini benar-benar tidak masuk akal – dan saya pikir Presiden Biden memahami hal itu,” kata Putin dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Minggu (17/12/2023) oleh televisi pemerintah Rossiya, dan menambahkan bahwa Biden tampaknya mencoba membenarkan “kebijakannya yang salah” terhadap Rusia.

“Rusia tidak punya alasan, tidak ada kepentingan – tidak ada kepentingan geopolitik, baik ekonomi, politik atau militer – untuk berperang dengan negara-negara NATO,” kata Putin melansir CNA.

Aliansi NATO yang dipimpin AS didirikan pada tahun 1949 untuk memberikan keamanan Barat terhadap Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, wilayah ini diperluas hingga mencakup beberapa negara bekas Uni Soviet dan Pakta Warsawa.

Putin telah berulang kali menyebut perluasan NATO pasca Perang Dingin sebagai bukti arogansi Barat dalam menangani masalah keamanan Rusia.

Berdasarkan Pasal 5 perjanjian NATO, “Para Pihak sepakat bahwa serangan bersenjata terhadap satu atau lebih negara di Eropa atau Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap mereka semua”.

Putin mengatakan bahwa masuknya Finlandia ke dalam NATO pada bulan April akan memaksa Rusia untuk "mengonsentrasikan unit militer tertentu" di Rusia utara dekat perbatasan mereka.

​ Perang Dingin

Kegagalan serangan balasan Ukraina tahun ini telah menimbulkan pertanyaan di Barat dan di dalam Ukraina sendiri mengenai seberapa realistis tujuan Ukraina dan Barat untuk mengalahkan pasukan Rusia di Ukraina.

Para pejabat di Moskow dan negara-negara Barat telah berulang kali berbicara tentang "Perang Dingin baru", dengan Rusia dan China di satu sisi dan Barat di sisi lain.

Ketika ditanya tentang bagaimana menemukan titik temu dengan Barat mengingat retorika kedua belah pihak, Putin berkata: "Mereka harus menemukan titik temu karena mereka harus memperhitungkan kita."

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bulan lalu bahwa Putin tidak akan berdamai sebelum dia mengetahui hasil pemilu November di AS.

Barat, kata Putin, telah gagal memahami sejauh mana perubahan yang terjadi setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, yang menurutnya telah menghilangkan dasar ideologis yang sebenarnya untuk konfrontasi antara Rusia dan Barat.

“Saya benar-benar mempunyai kesan yang naif,” kata Putin, mantan mata-mata KGB yang berkuasa pada tahun 1999, tentang kesannya terhadap dunia pada tahun 2000.

Kenyataannya adalah setelah jatuhnya Uni Soviet, mereka menganggap bahwa mereka hanya perlu menunggu sebentar untuk menghancurkan Rusia sepenuhnya, kata Putin.

Putin menyebut perang tersebut sebagai bagian dari perjuangan yang jauh lebih besar melawan Amerika Serikat (AS), yang menurut para elite Kremlin bertujuan untuk memecah belah Rusia, mengambil sumber daya alamnya yang sangat besar, dan kemudian melakukan penyelesaian dengan China.

Negara-negara Barat, yang menganggap Rusia dan China sebagai ancaman utama, mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai rencana untuk menghancurkan Rusia.

Ukraina mengatakan mereka tidak akan berhenti sampai setiap tentara Rusia diusir dari wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper