Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan UI, UIN Jakarta Dinobatkan Punya Fakultas Psikologi Terbaik se-Indonesia

Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dinobatkan menjadi yang terbaik nasional 2023 oleh SCImago.
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan./JIBI-Nurudin Abdullah
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan./JIBI-Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkatan pendidikan The SCImago Institutions Rankings (SIR) menobatkan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Fakultas Psikologi terbaik se-Indonesia pada 2023.

Penobatan ini didasarkan atas kinerja positif Fakultas Psikologi pada aspek penelitian, inovasi, dan dampak sosial yang diukur melalui visibilitas web.

SCImago dalam rilisnya menyebutkan bahwa Fakultas Psikologi UIN Jakarta menempati urutan pertama di tanah air. Urutan kedua disabet oleh Fakultas Psikologi dari Universitas Indonesia.

Kemudian urutan selanjutnya yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Diponegoro (UNDIP), hingga Universitas Airlangga (UNAIR).

Melansir dari kemenag.go.id, SCImago memiliki format perhitungan dengan memperhatikan tiga faktor penting yakni penelitian (50 persen), inovasi (30 persen), dan dampak sosial (20 persen).

Pada faktor penelitian misalnya, diukur 11 indikator, antara lain: normalized impact, excellence with leadership, dan scientific leadership.

Pada sektor inovasi, sekurangnya tiga indikator yang dilihat, yaitu innovative knowledge, patents, dan technological impact. Begitu pada aspek dampak sosial, terdapat tiga indikator yang diperhatikan, yaitu altmetrics, inbound links, dan web size.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Jakarta Yunita Faela Nisa menyambut gembira prestasi ini. Menurutnya, raihan ini merupakan hasil kerja keras dan kolaboratif seluruh sivitas akademika Fakultas Psikologi dan dukungan pimpinan UIN Jakarta.

“Capaian ini merupakan hasil dari kerja kolaborasi yang berkesinambungan dari seluruh sivitas akademika Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Tentu kami bersyukur atas capaian ini,” ujarnya.

Yunita menuturkan, raihan peringkat ini menjadi modal penting Fakultas Psikologi UIN Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas akademik yang ditawarkan kepada para mahasiswa. Bahkan, peringkat ini juga menjadi dorongan untuk memperkuat tradisi keilmuan psikologi di UIN Jakarta melalui riset dan publikasi.

“Pemeringkatan ini akan menjadi portofolio yang positif bagi Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Kami akan mempertahankan dan meningkatkan kinerja akademik,” tambahnya.

Sejalan dengan ini, Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin Jahar berharap raihan ini menjadi pelecut Fakultas Psikologi dalam mempertahankan kualitas kinerja akademiknya.

“Selamat dan sukses atas raihan peringkat nomor 1 versi The SCImago Institutions. Semoga prestasi membanggakan ini terus meningkatkan kualitas akademik Fakultas Psikologi UIN Jakarta,” katanya.

Diketahui, Fakultas Psikologi adalah satu dari 12 fakultas di kampus UIN Jakarta. Di mana sebelumnya Fakultas Psikologi masih menjadi Jurusan Psikologi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper