Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo-Ganjar Saling Serang Soal Kelangkaan Pupuk di Jateng

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo terlibat silang pendapat soal kelangkaan pupuk di Jawa Tengah (Jateng) dalam debat capres.
Suasana debat pertama capres Prabowo, Anies, dan Ganjar / tangkapan layar Youtube
Suasana debat pertama capres Prabowo, Anies, dan Ganjar / tangkapan layar Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo terlibat silang pendapat soal kelangkaan pupuk di Jawa Tengah (Jateng) dalam debat capres hari ini, Selasa (12/12/2023).

Mulanya, Ganjar menjawab pertanyaan perihal program strategis pelayanan publik yang berkeadilan, dengan memaparkan pengalamannya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Ketika diberi kesempatan menanggapi jawaban Ganjar, Prabowo menyinggung bahwa kelompok rentan juga mencakup petani dan nelayan. Pasangan cawapres Gibran Rakabuming Raka itu menyebut bahwa petani di Jawa Tengah selama ini sulit mendapat pupuk.

“Mereka mengeluh dengan kartu tani yang Bapak luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk. Sebetulnya mereka ingin pengadaan pupuk disederhanakan. Mungkin bapak bisa menjawab itu,” kata Prabowo.

Sementara itu, Ganjar menampik bahwa kelangkaan pupuk terjadi di Jawa Tengah, dan menyebut bahwa kelangkaan terjadi di daerah lain seperti Papua, Sumatera Utara, hingga Nusa Tenggara Timur.

“Mungkin Bapak sedikit agak lupa untuk saya bisa mengingatkan, Bapak pernah menjadi ketua HKTI. Pak, data petani kita tidak pernah beres. Maka kalau kemudian satu data petani bisa kita kelola, maka distribusi pupuknya harus bisa sampai dan tepat sasaran,” balas Ganjar.

Dia melanjutkan bahwa kuota pupuk tidak dapat dibatasi, dan hal ini akan diprioritaskan pihaknya untuk dikerjakan mendatang.

Diketahui, KPU menetapkan tema debat pertama Pilpres 2024 pada hari ini (12/12/2023) perihal hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi, yang dikhususkan untuk capres.

Selanjutnya, KPU menggelar debat kedua pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres.

Debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa.

Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper