Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasto Ungkap Penyebab Elektabilitas Ganjar-Mahfud Merosot

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa banyak intimidasi yang terjadi di tengah menurunnya elektabilitas capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Hasto Ungkap Penyebab Elektabilitas Ganjar-Mahfud Merosot. Calon presiden Ganjar Pranowo, Jumat (8/12/2023) menegaskan tidak setuju gubernur Daerah Khusus Jakarta ditunjuk presiden.  JIBI/Bisnis-Surya Dua Artha Simanjuntak
Hasto Ungkap Penyebab Elektabilitas Ganjar-Mahfud Merosot. Calon presiden Ganjar Pranowo, Jumat (8/12/2023) menegaskan tidak setuju gubernur Daerah Khusus Jakarta ditunjuk presiden. JIBI/Bisnis-Surya Dua Artha Simanjuntak

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut bahwa banyak intimidasi yang terjadi di tengah menurunnya elektabilitas capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD belakangan ini.

Menurutnya, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan angka undecided voters dan unspoken voters, sembari mengklaim bahwa dukungan rakyat terhadap pasangan calon nomor urut 3 itu masih kuat.

"Sebenarnya kalau kita lihat dukungan rakyat kan sangat kuat, hanya memang kita akui banyak intimidasi, sehingga menyebabkan undecided, bahkan unspoken voters itu juga cukup banyak," katanya di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Dirinya beranggapan bahwa hasil elektabilitas capres-cawapres yang diterbitkan beragam lembaga survei punya perbedaan yang cukup signifikan.

Menurutnya, dari berbagai hasil survei itu, rakyat memberikan catatan terkait dengan berbagai bentuk intimidasi. 

"Kemudian rakyat sudah cerdas, sehingga undecided dan unspoken voters inilah yang akan menjadi penentu di dalam pemilu ke depan. Baik terkait dengan parpol, maupun terhadap capres-cawapres, dan kami percaya dengan semangat tinggi, Pak Ganjar dan Prof Mahfud terus bergerak," lanjut Hasto.

Dirinya juga optimistis bahwa debat perdana Pilpres 2024 yang digelar pada hari ini akan menjadi salah satu kunci terhadap pilihan rakyat untuk memantapkan diri dalam memilih Ganjar-Mahfud.

Diketahui, KPU menetapkan tema debat pertama Pilpres 2024 pada hari ini (12/12/2023) perihal hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi, yang dikhususkan untuk capres.

KPU menggelar debat pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres.

Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa.

Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper