Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Pejabat Negara di Timses AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud

Fenomena pejabat negara menjadi tim sukses capres adalah hal yang lazim dalam politik di Indonesia.
Suasana penetapan nomor urut capres dan cawapres untuk pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (14/11/2023). - Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Suasana penetapan nomor urut capres dan cawapres untuk pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (14/11/2023). - Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga pasangan capres-cawapres telah mengumumkan anggota tim kampanyenya untuk menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Dari nama-nama itu, ada sejumlah pejabat negara yang masuk.

Di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran misalnya, ada Ketua Dewan Perimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto. Di struktur TKN Prabowo-Gibran, Wiranto menjabat sebagai Pembina.

Lalu ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menjadi Ketua Pengarah TKN Prabowo-Gibran. Kemudian ada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang menjabat Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran.

Lalu, anggota Wantimpres Agung Laksono menjadi anggota Penasihat TKN Prabowo-Gibran. Wakil Ketua MPR Syarief Hasan juga menjadi anggota Penasihat TKN Prabowo-Gibran.

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menjadi Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran. Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrick Paulus juga menjadi Wakil Ketua Koordinator Stategis TKN Prabowo-Gibran.

Kemudian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afiransyah Noor juga menjadi Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran. Serupa, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni juga menjadi Wakil Ketua Koordinator Stategis TKN Prabowo-Gibran.

Terakhir, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menjadi Ketua Komandan Penggalangan TKN Prabowo-Gibran. Artinya, tidak kurang 10 pejabat negara/pemerintah yang masuk ke struktur TKN Prabowo-Gibran.

Sedangkan di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai Dewan Pengarah. Lalu, ada Ketua DPR Puan Maharani yang menjadi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud.

Kemudian, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud. Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Benny Rhamdani juga menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.

Terakhir, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah juga menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud. Artinya, ada lima pejabat negara yang masuk di TPN Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, Tim Nasional Pemenangan Anies-Imin (Timnas AMIN) ada Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid yang menjadi Asisten Pelatih. Lalu, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menjadi Wakil Ketua Dewan Penasihat Timnas AMIN.

Kemudian, ada Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni yang menjadi Tim Kampanye Timnas AMIN di Papua Selatan. Lalu, ada Bupati Yahukimo Didimus Yahuli yang menjadi Tim Kampanye Timnas AMIN di Papua Pegunungan.

Terakhir, ada Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel yang menjadi Tim Kampanye Timnas AMIN di Gorontalo. Artinya, ada lima pejabat negara yang berada di Timnas AMIN.

Singkatnya, perbandingan pejabat negara di TKN Prabowo-Gibran sebanyak 10 sedangkan TPN Ganjar-Mahfud dan Timnas AMIN jumlahnya setara yaitu ada 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper