Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Maharani Temui Jokowi di Istana Kepresidenan, Ini yang Dibahas

Ketua DPR Puan Maharani menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan pada hari ini.
Ketua DPP PDIP Puan Maharani / BISNIS - Surya Dua Artha
Ketua DPP PDIP Puan Maharani / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menekankan akan mendorong upaya perdamaian Israel dan Palestina melalui agenda MIKTA Speakers’ Consultation ke-9.

Dia mengatakan bahwa dukungan parlemen terhadap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah masing-masing negara MIKTA akan difokuskan untuk membahas gencatan senjata di daerah yang tengah mengalami konflik tersebut.

Hal ini dia sampaikan usai sejumlah delegasi MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 yang terdiri dari ketua DPR Korea Selatan, Ketua DPR Turki, Ketua Senat dari Australia, dan perwakilan anggota DPR dari Meksiko untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/11/2023)

“Kami melaporkan dalam forum MIKTA akan membicarakan hal-hal terkait dengan perdamaian dunia, termasuk juga kemerdekaan atau apa yang terjadi di Gaza, Palestina. Kami sepakat harus menjaga persatuan dan perdamaian di seluruh dunia,” ujarnya saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan.

Puan melanjutkan terkait apa yang terjadi di Palestina, pertemuan sejumlah delegasi MIKTA dengan Presiden bersepakat bahwa kependudukan Israel di Palestina harus segera dihentikan sehingga jalur-jalur bantuan kemanusiaan dapat segera dilaksanakan.

Bahkan, Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu juga mengaku sudah melakukan pembicaraan bilateral dengan Negara-negara delegasi yang hadir.

Oleh sebab itu, dia memerinci bahwa pertemuan dengan Jokowi lebih difokuskan untuk menyampaikan untuk segera menghentikan perang di Palestina dan Ukraina sehingga perdamaian bisa segera terjadi.

Tak hanya isu perang, Puan melanjutkan pembahasan dengan orang nomor satu di Indonesia itu juga berkutat mengenai perubahan iklim yang cukup ekstrem dan turut menjadi konsentrasi di tingkat global.

“Kami menyepakati atau berkomitmen bahwa perdamaian di dunia sangat penting kita akan sama-sama menjaga. Begitu juga bagaimana menjaga perekonomian dan iklim yang ada di dunia sehingga global chain yang ada bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan,” pungkas Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper