Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Terjunkan 1.318 Personel Gabungan Kawal Penetapan Capres-Cawapres Sore Ini

Polda Metro Jaya kerahkan 1.318 personel gabungan untuk mengawal penetapan pasangan capres-cawapres di KPU hari ini.
Ketua dan jajaran Komisioner KPU / BISNIS - Surya Dua Artha
Ketua dan jajaran Komisioner KPU / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya kerahkan 1.318 personel gabungan untuk mengawal penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo mengatakan ribuan personel itu terdiri dari Polda Metro Jaya sebanyak 388 personel dan Polres sebanyak 30 personel. Kemudian BKO dari Korps Brimob, TNI AD dan Korps Sabhara, mencapai 900 personel.

"Total 1.318 personel disiagakan," kata Trunoyudo kepada wartawan, Senin (13/11/2023).

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan KPU akan melakukan rapat pleno penetapan secara internal terlebih dulu sebelum mengumumkan penetapan capres-cawapres.

"Kalau menurut UU penetapan pasangan capres cawapres sebagai peserta Pemilu dilakukan dalam rapat pleno tertutup ya. Artinya ya plenonya KPU tidak pleno, apa rapat pleno terbuka," jelas dia Jumat (10/11/2013).

Saat ini ada tiga capres yang telah mendaftar dalam kontestasi politik tersebut. Ketiganya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun, setelah penetapan dilakukan, KPU akan mengundi nomor urut masing-masing capres/cawapres pada Selasa (14/11) keesokan harinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper