Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima Menteri Keamanan Publik China, Ma'ruf Amin Tingkatkan Kerja Sama Hukum

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang penegakan hukum dan keamanan antara Indonesia-China.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang penegakan hukum dan keamanan antara Indonesia-China untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara.

Hal ini disampaikannya usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Keamanan Publik Republik Rakyat China (RRC) Wang Xiaohong di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).

“Dua sektor tersebut tentu bernilai strategis dalam peningkatan kualitas kerja sama bilateral,” tegasnya kepada wartawan.

Oleh sebab itu, Wapres Ke-13 RI itu pun menyambut baik dan mendukung rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dengan Kementerian Keamanan Publik China.

Apalagi, dia menilai bahwa selama ini Indonesia dan China telah menjalin Kemitraan Strategis Komprehensif selama satu dekade. Kerja sama penegakan hukum dan keamanan pasti akan memberikan kontribusi besar bagi penguatan kerja sama bilateral di bidang-bidang lainnya.

Lebih jauh, orang nomor dua di Indonesia itu juga menuturkan bahwa Indonesia dan China adalah negara besar, baik dari segi luas wilayah maupun jumlah penduduknya. Sehingga, dia menginginkan kedua negara ini dapat menjadi contoh dalam menciptakan stabilitas dan keamanan dengan terus memperhatikan kemajemukan masyarakatnya.

“Salah satu kekuatan Indonesia saat ini berasal dari keragaman masyarakat dan keinginan bersama untuk bersatu. Saya yakin hal yang sama juga menjadi perhatian nasional di Tiongkok,” ujarnya.

Menurutnya, kesamaan nilai dan tujuan tersebut juga telah dinyatakan dalam Pernyataan Bersama kedua Kepala Negara saat kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Beijing pada dua minggu yang lalu.

Terakhir, dia kembali menekankan terkait pentingnya menjaga kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan inklusif.

“Saya yakin China dan Indonesia memiliki pandangan yang sama terkait hal ini. Saya juga mengapresiasi dukungan China terhadap Asean dan Indo-Pasifik. Dukungan tersebut penting guna terus mendorong kemakmuran, kedamaian, dan kemajuan kawasan yang menjadi kepentingan kita semua,” pungkas Ma’ruf.

Menanggapi pernyataan Wapres, Menteri Keamanan Publik RRC Wang Xiaohong mengatakan bahwa kedatangannya ke Jakarta untuk menindaklanjuti kesepakatan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) khususnya untuk memperdalam kerja sama dalam bidang penegakan hukum.

“Pagi tadi saya telah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan nanti sore saya juga akan bertemu dengan Kapolri dan Kepala BNPT untuk melaksanakan konsensus yang telah dicapai kedua kepala negara,” tuturnya.

Menurut Menteri Wang, kedua Kepala Negara ini menaruh perhatian besar terhadap upaya meningkatkan jalinan kerja sama dalam bidang keamanan, terutama untuk mendukung upaya membangun poros maritim dunia secara bersama-sama.

“Kita harus menjadi penggerak utama dalam proyek kerja sama ini demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat kedua negara,” ajaknya.

Kemudian, untuk meningkatkan jalinan kerja sama dalam bidang hukum dan keamanan, menurut Menteri Wang, Kementerian Keamanan Publik China bersama Polri dan BNPT telah sepakat untuk mengadakan pertemuan rutin tahunan guna membahas berbagai masalah, seperti narkoba, terorisme, dan kejahatan transnasional lainnya.

“Kedua belah pihak dalam kerja sama di bidang penegakan hukum dan keamanan sangat menonjol dan juga berkontribusi besar terhadap keamanan dan stabilitas kedua negara,” ujarnya.

Sejalan dengan Wapres, Menteri Wang mengatakan bahwa China dan Indonesia adalah negara besar dengan perkembangan ekonomi baru yang pesat, sehingga keduanya memerlukan stabilitas keamanan yang baik, karena keamanan merupakan prasyarat utama terciptanya pembangunan yang berkelanjutan.

“Kedua negara memiliki banyak kepentingan yang sama dan juga peluang kolaborasi yang luas, khususnya dalam bidang anti-kejahatan lintas negara, anti-terorisme, anti-narkoba, dan untuk menjaga keamanan berbagai proyek hasil kerja sama kedua negara,” ucap nya.

Selanjutnya, Wang pada kesempatan ini juga mengapresiasi Wapres yang selalu menekankan pentingnya kerja sama antarmasyarakat, serta terus mendorong dialog antarbudaya dan agama dalam hubungan Indonesia-China.

“Terkait hal tersebut, Tiongkok bersedia untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang pendidikan, kebudayaan, pemuda, dan olahraga, sehingga persahabatan kedua negara terus tumbuh dari generasi ke generasi,” tandas Wang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper