Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Insiden Paling Berdarah di Gaza, Israel dan Hamas Saling Tuding

500 warga Palestina tewas dalam ledakan di rumah sakit (RS) Al-Ahli al-Arabi Kota Gaza. Ini merupakan insiden paling berdarah sejak perang Hamas vs Israel.
Seorang pengunjuk rasa Lebanon bereaksi setelah mereka dibubarkan oleh pasukan keamanan dengan gas air mata dan meriam air setelah ratusan warga Palestina tewas dalam ledakan di rumah sakit Al-Ahli di Gaza yang  membuat saling pejabat Israel dan Palestina saling menyalahkan, di depan kedutaan Amerika Serikat (AS) di Beirut, Lebanon 17 Oktober 2023. REUTERS/Zohra Bensemra
Seorang pengunjuk rasa Lebanon bereaksi setelah mereka dibubarkan oleh pasukan keamanan dengan gas air mata dan meriam air setelah ratusan warga Palestina tewas dalam ledakan di rumah sakit Al-Ahli di Gaza yang membuat saling pejabat Israel dan Palestina saling menyalahkan, di depan kedutaan Amerika Serikat (AS) di Beirut, Lebanon 17 Oktober 2023. REUTERS/Zohra Bensemra

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 500 warga Palestina tewas dalam ledakan di rumah sakit (RS) Al-Ahli al-Arabi Kota Gaza pada hari Selasa (17/10/2023) yang saling menyalahkan oleh pejabat Israel dan Palestina dan memicu protes di Tepi Barat dan sekitar Timur Tengah.

Otoritas kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan bahwa serangan udara Israel menyebabkan ledakan tersebut, sementara militer Israel mengaitkannya dengan kegagalan peluncuran roket yang dilakukan oleh kelompok militan Jihad Islam Palestina.

Ledakan tersebut merupakan insiden paling berdarah di Gaza sejak Israel melancarkan pengeboman sebagai balasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap komunitas Israel selatan yang menewaskan 1.300 orang. Jalur ini merupakan daerah kantong sepanjang 45 km (25 mil) dan merupakan rumah bagi 2,3 juta orang.

Ledakan itu terjadi pada malam kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Israel untuk menunjukkan dukungan terhadap negara tersebut dalam perangnya dengan Hamas, kelompok Islam yang menguasai Jalur Gaza, dan untuk mendengarkan bagaimana Israel berencana meminimalkan korban sipil.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sebelum ledakan hari Selasa (17/10/2023), otoritas kesehatan di Gaza mengatakan sedikitnya 3.000 orang tewas dalam pemboman 11 hari Israel yang dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di mana sekitar 200 orang dibawa kembali ke Jalur Gaza sebagai sandera.

Tuding Israel Lakukan Pembantaian

Terlepas dari siapa yang dinyatakan bertanggung jawab atas ledakan tersebut, yang menurut Hamas telah menewaskan pasien dan orang lain yang kehilangan tempat tinggal akibat pemboman Israel, hal ini akan mempersulit upaya untuk mengatasi krisis tersebut.

Salah satu tandanya adalah Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, membatalkan pertemuan puncak yang akan diselenggarakan negaranya di Amman bersama Biden serta para pemimpin Mesir dan Palestina.

Di kesempatan lain, pasukan keamanan Palestina menembakkan gas air mata dan granat setrum untuk membubarkan pengunjuk rasa di Kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki, yang melemparkan batu dan meneriakkan menentang Abbas ketika kemarahan rakyat memuncak.

Ledakan tersebut menuai kecaman di seluruh dunia Arab, dan protes dilakukan di kedutaan besar Israel di Turki dan Yordania serta di dekat kedutaan AS di Lebanon, di mana pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke arah para demonstran.

Tayangan televisi menunjukkan protes terjadi di Kota Taz di Barat Baya Yaman, serta di Ibu Kota Maroko, Rabat, dan Ibu Kota Irak, Bagdad.

Kelompok militan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengecam apa yang mereka katakan sebagai serangan mematikan Israel terhadap rumah sakit Al-Ahli al-Arabi di Gaza, yang dikelola oleh Gereja Anglikan, dan menyerukan “hari kemarahan yang belum pernah terjadi sebelumnya” terhadap Israel dan kunjungan Biden.

Ada klaim dan penolakan yang saling bersaing dari pejabat Israel dan Palestina mengenai siapa yang bertanggung jawab.

Menteri Kesehatan di pemerintahan Gaza yang dikelola Hamas, Mai Alkaila, menuduh Israel melakukan pembantaian. Seorang kepala pertahanan sipil Gaza mengatakan 300 orang tewas dan seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan 500 orang tewas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper