Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elite Koalisi Prabowo Kumpul, Bahas Cawapres Hingga Tim Pemenangan

Elite koalisi partai politik pendukung pencapresan Prabowo Subianto menggelar rapat konsolidasi pemenangan secara tertutup.
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Para Sekretaris Jenderal (Sekjen) koalisi partai politik pendukung pencapresan Prabowo Subianto menggelar rapat konsolidasi pemenangan secara tertutup di Jakarta pada Senin (9/10/2023).

Elite parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang hadir antara lain Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Demokrat Teuku Riefky, Sekjen PBB Afriansyah Noor, Sekjen Gelora Mahfudz Sidik, dan perwakilan dari Partai Garuda serta Partai Prima.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, pertemuan para Sekjen KIM ini membahas tentang pembentukan tim pemenangan serta sejumlah isu-isu strategis lainnya jelang masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19-25 Oktober 2023.

"Pertemuan sekjen-sekjen membahas hal-hal strategis tentang kesiapan partai koalisi untuk memenangkan Pak Prabowo sebagai capres. Termasuk membahas finalisasi tim pemenangan Koalisi Indonesia Maju," kata Muzani dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Dia mengungkapkan anggota dan nama tim pemenangan Prabowo belum diputuskan. Meski demikian, Muzani memastikan dalam waktu dekat susunan tim pemenangan akan diumumkan.

Forum para sekjen ini juga membahas terkait visi-misi yang akan menjadi prioritas kerja pemerintahan Prabowo nantinya apabila terpilih menjadi pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak lupa, mereka juga membicarakan dinamika perkembangan kandidat cawapres pendamping Prabowo. 

"Semua nama yang potensial untuk menjadi cawapres pendamping Pak Prabowo juga dibahas. Kami ingin nama-nama itu dipertimbangkan dengan baik karena ini menyangkut chemistry [kedekatan] dan juga kesiapan kandidat capres-cawapres dalam berkontestasi," jelas Muzani. 

Sebelumnya, Partai Demokrat mengungkap ada empat nama tokoh yang menguat untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto di ajang Pilpres 2024. 

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, empat nama itu adalah: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menurutnya, nama Airlangga diusulkan oleh Golkar dan nama Erick Thohir diusulkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara itu, Herzaky tidak mengungkapkan nama Gibran dan Khofifah diusulkan oleh siapa.

"Kami juga mendengar Bapak Prabowo Subianto akan meminta sekaligus mendengarkan pandangan dari pimpinan tiap-tiap parpol anggota Koalisi Indonesia Maju sebelum beliau memutuskan siapa cawapres yang akan dipilih," jelas Herzaky dalam keterangannya, Senin (9/102/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper