Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FEB UI Perkuat Komitmen Pendidikan Inklusif

FEB UI akan menambah fasilitas yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa difabel.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan Yudisium Semester Genap 2022/2023 di Kampus FEB UI, Kota Depok, Jawa Barat, pada Sabtu akhir pekan lalu (16/9/2023)/FEB UI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan Yudisium Semester Genap 2022/2023 di Kampus FEB UI, Kota Depok, Jawa Barat, pada Sabtu akhir pekan lalu (16/9/2023)/FEB UI

Bisnis.com, JAKARTA—Peningkatan inklusivitas di dunia pendidikan tinggi menjadi salah satu katalis penting dalam memajukan dan mewujudkan aspirasi pendidikan berkualitas untuk semua. Hal tersebut dibuktikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) melalui lulusannya.   

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI Arief Wibisono Lubis mengatakan penguatan inklusifitas di lingkungan kampusnya berangkat dari tagline Inclusive, Relevant and Reputable yang diusung pihaknya sejak kepemimpinan Dekan FEB UI Teguh Dartanto.

“Sebenarnya inklusifitas di FEB UI sudah digagas sejak lama tapi semakin ditekankan melalui tagline tersebut. Dengan mengacu pada hal tersebut, bagaimana FEB UI menciptakan pemimpin masa depan yang Inclusive, Relevant and Reputable yang memang terintegrasi dalam strategi dan kegiatan yang ada di FEB UI. Itu merupakan salah satu karakteristik dari SDM yang ingin kita hasilkan untuk menuju dan merawat kemajuan bangsa dan negara Indonesia” katanya, dikutip pada Selasa (19/9/2023).

Menurutnya, FEB UI saat ini tengah menyusun rencana strategis yang akan menjadi salah satu dasar dalam peningkatan pendidikan yang inklusif. Selain itu, melalui rencana strategis tersebut FEB UI juga ingin menciptakan pemimpin masa depan yang memiliki global awareness dan juga beretika.

Arief pun mencontohkan, sebelumnya penerapan inklusivitas di FEB diwujudkan dalam beberapa program penerimaan mahasiswa dan kegiatan lainnya di lingkungan kampus. Adapun saat ini FEB UI akan menambah fasilitas yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa difabel.

“Sejak beberapa tahun terakhir, fasilitasnya memang sudah disiapkan. Kami juga mengadakan beberapa renovasi di beberapa fasilitas. Tujuannya mengakomodir aksesibilitas bagi mahasiswa difabel. Dan juga, sebelumnya kami sudah menerima beberapa mahasiswa difabel. Kami fasilitasi mulai dari penerimaan hingga yang bersangkutan bisa lulus tepat waktu. Kami juga berterima kasih kepada dosen-dosen kami yang sudah membantu melalui inovasi pengajaran. Sehingga yang bersangkutan bisa lulus dengan lancar,” ujarnya.

Selain itu, FEB UI pun berupaya mengakomodir mahasiswa dari daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Yaitu dengan memfasilitasi beberapa jalur penerimaan bagi calon mahasiswa termasuk dari daerah 3T.

Ketika sudah diterima, mahasiswa-mahasiswa tersebut difasilitasi oleh unit khusus yang bernama Student Wellness Center. Di mana salah satu fungsinya untuk membantu mahasiswa beradaptasi ketika berkuliah di FEB UI karena jarak yang cukup jauh dari keluarga dan budaya berbeda serta wadah kepedulian FEB UI terhadap isu-isu kesehatan mental yang dihadapi mahasiswa.

“Banyak dari mahasiswa kami yang harus masuk FEB UI dengan berbagai macam perjuangan dan begitu dia masuk, dia membutuhkan berbagai macam dukungan, itu kami bantu. Salah satunya adalah dengan Student Wellness Center dan juga tentunya peran penting dari pembimbing,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper