Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Janji Manis Cak Imin saat Terpilih Wapres, Salah Satunya BBM Gratis

Berikut 5 janji manis yang sudah diumbar oleh Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, apabila terpilih menjadi wakil presiden dalam Pilpres 2024.
Cak Imin memberikan keterangan di depan awak media
Cak Imin memberikan keterangan di depan awak media

Bisnis.com, SOLO - Terpilih secara resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan, Cak Imin sudah umbar janji.

Ia yang menjadi ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengumbar sejumlah janji untuk bisa menang dalam Pilpres 2024.

Salah satu yang menjadi sorotan yakni berjanji akan menggratiskan pembelian bahan bakar minyak (BBM).

PKB berjanji bahwa harga BBM akan dijadikan murah, apabila Cak Imin terpilih wapres.

Berikut daftar janji Cak Imin bila terpilih menjadi capres:

1. BBM Gratis

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengatakan bahwa BBM gratis bisa didapatkan masyarakat Indonesia, apabila Cak Imin terpilih menjadi wakil presiden.

"Kalau Gus Muhaimin dan PKB menang, semua yang memiliki sepeda motor akan mendapatkan subsidi BBM secara gratis, tanpa biaya. Siapa disini yang memiliki sepeda motor? PKB menang, Gus Muhaimin menjadi wapres, maka BBM akan disubsidi dengan harga serendah mungkin," ujar Syaiful saat melakukan orasi pada beberapa waktu lalu.

2. Dana desa Rp5 Miliar

Terbaru, Cak Imin menjanjikan anggaran dana desa dapat naik menjadi Rp5 miliar per desa tiap tahunnya, dari saat ini yang mencapai Rp2 miliar per desa.

"Kami sudah menghitung dana desa untuk 2023 ini Rp2 miliar per desa cukup. Bisa meningkat drastis Rp5 miliar per desa. Ini target yang ingin diperjuangkan di pemerintahan baru," katanya saat di Jombang, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/9/202).

3. Tunjangan ibu hamil Rp6 juta

Selain dana desa, PKB juga menjanjikan memberikan bantuan kepada ibu-ibu hamil untuk mencegah anak-anak Indonesia terkena stunting.

Janji tersebut yakni berupa pemberian tunjangan sebesar Rp6 juta untuk setiap ibu hamil di Indonesia.

"Di muka bumi Indonesia ini akan diberikan tunjangan selama hamil. APBN sudah kita hitung, Gus Muhaimin sudah kita hitung, setiap yang hamil, sejak kehamilan bulan pertama sampai 9 bulan akan mendapatkan subsidi, akan mendapatkan tunjangan rata-rata Rp6 juta selama kehamilan,” ucap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda.

4. Sekolah gratis

Selain BBM, PKB juga menjanjikan adanya sekolah gratis sebagai upaya mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) menjadi 18 tahun.

5. Subsidi pupuk

Janji manis lain yang ditebar oleh Cak Imin yakni pemberian bantuan kepada para petani, dengan mengusung program subsidi pupuk.

PKB akan memberikan subsidi pupuk kepada seluruh petani di Indonesia yang memiliki lahan di bawah setengah hektar serendah-rendahnya pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper