Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT G20 India, Indonesia Harap Dunia Sebagai Keluarga

Presiden Jokowi menyampaikan harapan Indonesia agar dunia menjadi sebuah keluarga dalam KTT G20 di India.
Presiden  Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang mengangkat tema One Earth yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu (9/9/2023)./BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang mengangkat tema One Earth yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu (9/9/2023)./BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia berharap dunia menjadi sebuah keluarga dalam sesi II KTT G20 di India yang mengusung tema "One Family".

"Indonesia mengharapkan dunia sebagai sebuah keluarga yang saling membangun, peduli, dan memiliki tujuan bersama yaitu menciptakan kehidupan dunia yang damai dan makmur," katanya dalam keterangan resmi, pada Minggu (10/9/2023). 

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan ada tiga hal penting yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sesi tersebut.

Pertama adalah mengenai pentingnya stabilitas. Menlu menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menekankan perang harus dihentikan, hukum internasional harus ditegakkan dan inklusivitas diutamakan.

"Indonesia sebagai Ketua Asean akan terus mendorong Asean sebagai jangkar stabilitas kawasan," ujarnya.

Kedua, mengenai pentingnya solidaritas. Presiden Jokowi mengatakan kerja sama dan dialog harus terbuka bagi semua.

"Kepentingan dan hak semua negara harus dihormati termasuk suara dari The Global South. Solidaritas perlu ditunjukkan antara lain di bidang kesehatan dengan mobilisasi dana untuk Pandemic Fund," tambahnya.

Ketiga, mengenai pentingnya kesetaraan. Jokowi menekankan bahwa reformasi dan transparansi global harus didorong termasuk sistem perpajakan internasional.

"Hak pembangunan negara berkembang juga harus dihormati termasuk untuk melakukan hilirisasi industri," ucapnya.

Sementara itu, Jokowi juga menyatakan bahwa negara berkembang harus diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari rantai pasok global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper