Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Tegaskan Sebagai Partai Kiri, tapi Bukan Sosialis atau Komunis

Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP merupakan partai politik yang berhaluan kiri, namun bukan sosialis atau komunis.
PDIP Tegaskan Sebagai Partai Kiri, tapi Bukan Sosialis atau Komunis./Dok. PDIP
PDIP Tegaskan Sebagai Partai Kiri, tapi Bukan Sosialis atau Komunis./Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya merupakan partai politik yang berhaluan kiri, karena memiliki sifat yang progresif.

Hasto menjelaskan, dalam pengelompokan partai politik ada tiga jenis yaitu kanan, tengah, dan kiri. Meski PDIP berhaluan kiri, namun Hasto tak setuju mereka berideologi sosialis atau komunis melainkan bercermin progresivitas.

"Cerminannya progresif. Progresif itu kiri, itu dalam konstelasi politik. Jadi kalau yang belajar dasar-dasar teori politik maka konfigurasi politik di manapun itu selalu right [kanan], centre [tengah], and left [kiri]. Right itu adalah konservatif; tengah itu centre yang meramu catch all party, partai dengan target semua tanpa diferensiasi ideologis yang jelas; kalau yang kiri itu progresif, kiri itu bukan komunis bukan sosialis," ujar Hasto dalam pembukaan Rakerda PDIP Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Serang, Minggu (10/9/2023).

Dia pun coba mengelompokkan partai-partai yang ada di Indonesia sesuai dengan konfigurasi kanan, tengah, dan kiri.

"Kalau kita [PDIP] itu dari tengah ke kiri. Kalau PKS dari tengah ke kanan. Kalau Golkar itu tengah. Kira-kira seperti itu dalam teori politiknya," jelasnya.

Hasto mengklaim, meski semua partai-partai itu mengelompokkan diri sebagai kanan, tengah, dan kiri namun semuanya tetap melihat Pancasila dengan arti yang sama. Bedanya, kiri atau progresif ingin merombak tatanan yang menghisap orang banyak.

"Maka itu progresif. Enggak bisa menghilangkan penghisapan penjajahan dengan cara nuwun sewu. Penjajah mau menjajah, silahkan pergi dari Tanah Air. Enggak bisa dengan cara-cara seperti itu. Keadilan sosial itu juga progresif," ungkapnya.

Sementara itu, lanjutnya, partai kanan mengedepankan nilai-nilai fundamental ketuhanan.

"Maka itu dari tengah ke kanan. Kira-kira begitu penempatannya," kata Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper