Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT G20 India 2023 Dimulai Besok, Ini 4 Harapan Sekjen PBB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memberikan harapannya atas KTT G20 India pada 9-10 September 2023.
Sekjen PBB Antonio Guterres/Reuters
Sekjen PBB Antonio Guterres/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memberikan harapannya atas keketuaan India dalam berlangsungnya KTT G20 India Pada 9-10 September 2023. 

Guterres mengatakan bahwa ia yakin India akan melakukan segala kemungkinan untuk memastikan kesenjangan geopolitik yang ada dapat teratasi dan G20 dapat mencapai hasil yang diharapkan. 

“Tentu saja, ada pertanyaan-pertanyaan yang bagi saya sangat penting,” ungkap Guterres dalam konferensi pers dengan tema Asean-UN Summit, Senayan JCC Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

Pertama, adalah pesan yang jelas mengenai reformasi arsitektur keuangan internasional agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dunia saat ini. Kedua, adalah untuk menciptakan kondisi bantuan yang mendalam dan akses terhadap pendanaan konsensi.

Pendanaan konsensi yang dimaksud tersebut adalah dalam jangka panjang. Hal ini agar memungkinkan negara-negara berkembang mampu mengatasi dampak Covid-19, perang di Ukraina, dan lainnya. 

“Dan banyak situasi lain yang membuat banyak negara berkembang, negara-negara yang berada di ambang kesulitan dan dalam situasi di mana mereka tidak mempunyai ruang fiskal, untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya sendiri,” jelasnya. 

Di saat yang sama, Guterres tertarik melihat negara-negara berkembang dan negara-negara maju berkumpul di G20 untuk mencapai pendekatan terpadu dalam meningkatkan ambisi, yakni ambisi dalam mitigasi untuk mengurangi emisi dalam menghadapi situasi iklim yang sangat buruk.

Tak hanya itu, ia juga tertarik melihat negara-negara berkembang, dengan ambisinya, dalam menghadapi ketidakadilan dengan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan aksi iklim dalam adaptasi dan mitigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper