Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Ajak Diaspora Pulang, 500 Formasi CASN Tersedia Khusus Lulusan S3

BRIN menyediakan 500 formasi calon ASN khusus lulusan S3, utamanya bagi diaspora yang berada di luar negeri
BRIN Ajak Diaspora Pulang, 500 Formasi CASN Tersedia Khusus Lulusan S3.  Ilustrasi mahasiswa diaspora. Bisnis-Peni Widarti
BRIN Ajak Diaspora Pulang, 500 Formasi CASN Tersedia Khusus Lulusan S3. Ilustrasi mahasiswa diaspora. Bisnis-Peni Widarti

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyediakan 500 formasi calon aparatur sipil negara (CASN) khusus lulusan S3, utamanya bagi diaspora yang berada di luar negeri.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkapkan bahwa hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk menyediakan tempat berkarir dan berkarya di dalam negeri bagi para periset.

 “Atas dukungan dari Kemenpan-RB, kami setiap tahun dan tahun ini juga membuka 500 posisi periset dengan kualifikasi S3,” katanya di Gedung B.J. Habibie, Jakarta Pusat pada Selasa (5/9/2023).

Dia mengungkapkan bahwa setidaknya kini diaspora memiliki pilihan, bahwa jika kembali ke Indonesia, mereka memiliki tempat untuk bekerja sesuai passion dan kapasitas masing-masing.

Lebih lanjut, lulusan S3 yang mendaftar seleksi formasi ini dapat memperoleh berbagai keuntungan, seperti langsung meraih jenjang ahli madya dan ekosistem riset yang mendukung.

“Jadi ini bukan sekadar untuk posisi ASN, baik PPPK maupun CPNS. Lebih dari itu, ini adalah komitmen pemerintah untuk menunjukan political will bahwa negara ini tidak hanya pandai ngirim anak muda, tapi juga menyediakan tempat bagi anak muda untuk berkarir dan berkarya,” katanya.

Handoko berharap agar warga negara Indonesia lulusan S3 luar negeri dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Hal ini juga didorong oleh kebutuhan periset BRIN dengan kualifikasi tersebut yang menurutnya hanya terisi separuh, sehingga masih terdapat kekurangan.

“Kalau dulu kan harus lewat CPNS. Jadi ini kita kasih pilihan yang signifikan, Sebelumnya enggak ada sama sekali, sekarang kan minimal ratusan bisa balik [dari luar negeri],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper