Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejati DKI Selidiki Dugaan Korupsi di Anak Usaha PLN

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi di anak perusahaan PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara.
Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi di anak perusahaan PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara (PBB).

Penyelidikan ini dilakukan terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan investasi dalam akuisisi tambang milik perusahaan swasta oleh PLN Batubara tahun 2017-2020.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Ade Sofyansyah membenarkan bahwa saat ini pihaknya tengah menangani kasus tersebut. Namun, saat ini pihaknya masih dalam tahap pengumpulan data dan bahan keterangan (penyelidikan).

"Masih dalam tahap puldata dan pulbaket nanti perkembangan penyelidikan kita kasih tau,” kata Ade kepada wartawan dikutip, Minggu (3/9/2023).

Ade menyebut bahwa pihak Kejati DKI telah memanggil beberapa pihak untuk menggali informasi terkait kasus dugaan korupsi ini.

Profil PLN Batubara

Pada awal 2022, Kementerian BUMN berencana untuk membubarkan PLN Batubara yang notabene merupakan anak usaha PT PLN (Persero).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, evaluasi menyeluruh rantai pasok batu bara di dalam PLN. Harapannya rantai pasok dapat lebih efisien dan terintegrasi.

"Rantai pasok dengan terfragmentasi yang kompleks panjang berbelit-belit disederhanakan, di mana ada titik-titik lemah diperkuat, tetapi apabila memang suatu organisasi harus diubah agar proses bisnis rantai pasok ini bisa ubah yang tadinya tidak andal," katanya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Selasa (19/1/2022).

Menurutnya, organisasi ini mesti diubah agar rantai pasok ini dapat mengubah yang tadinya tidak andal dan penuh risiko menjadi andal, efektif, efisien.

"Termasuk mengevaluasi proses bisnis legal dan operasional struktur organisasi SDM, untuk arah likuidasi PLN Batubara agar rantai pasok dan bisnis proses bisa lebih efisien dan efisien," urainya.

Saat ini, PLN Batubara diketahui telah bertransformasi menjadi PT PLN Energi Primer Indonesia, subholding PLN di bidang energi primer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper