Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Uji Senjata Koil Terkuat di Dunia, Mampu Luncurkan Proyektil dalam Sekejap Mata

China sedang menguji senjata koil paling kuat di dunia, sejenis senjata elektromagnetik yang mampu meluncurkan proyektil dalam sekejap mata
Ilustrasi bendera nasional China/Bloomberg
Ilustrasi bendera nasional China/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Angkatan Laut China dilaporkan sedang menguji senjata koil paling kuat di dunia, sejenis senjata elektromagnetik yang mampu meluncurkan proyektil dengan kecepatan sangat tinggi dalam sekejap mata, menurut laporan South China Morning Post.

Dilansir dari Business Standard, Senin (28/8/2023), menurut para ilmuwan, pistol koil mempercepat proyektil seberat 124 kg dalam uji tembak hingga kecepatan 700km/jam dalam waktu kurang dari 0,05 detik.

Itu adalah proyektil terberat yang pernah digunakan dalam eksperimen senjata koil. Dimensi pasti dan jangkauan maksimum senjata masih dirahasiakan. Senjata koil yang juga dikenal sebagai akselerator magnetik dapat membawa perubahan besar dalam cara berperang dan membuka jalan bagi serangan yang lebih dahsyat terhadap sasaran musuh. Senjata ini berpotensi meluncurkan rudal atau mengirim satelit ke luar angkasa.

Perangkat uji mortir koil elektromagnetik kaliber 120 mm di Sandia National Laboratories di Amerika Serikat (AS) adalah salah satu pesaing terdekat senjata koil China. Di antara perangkat terbesar yang pernah dibuat, perangkat ini mampu menembakkan proyektil seberat 18 kg.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh para ilmuwan Israel di jurnal Scientific Reports, sistem lain di seluruh dunia biasanya dapat menembakkan proyektil yang beratnya hanya beberapa gram dengan diameter beberapa milimeter.

Menurut Profesor Guan Xiaocun dari Universitas Teknik Angkatan Laut, senjata koil memiliki beberapa keunggulan dibandingkan artileri tradisional, termasuk kecepatan peluncuran yang lebih cepat dan biaya peluncuran yang lebih rendah.

Guan dan rekan-rekannya menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Transactions of China Electrotechnical Society bahwa senjata koil memiliki potensi terobosan revolusioner dalam hal kecepatan, jangkauan, kekuatan, akurasi, keamanan, fleksibilitas, dan keandalan.

Mereka menambahkan bahwa senjata koil dapat diterapkan di berbagai bidang seperti sistem senjata, satelit dekat bumi, dan peluncuran rudal berkecepatan tinggi.

Meriam koil 30 tingkat milik militer China masih dalam tahap pengujian dan tidak jelas kapan atau apakah akan dikerahkan di lapangan. Namun, mereka telah menginvestasikan sejumlah besar uang dalam teknologi dalam beberapa tahun terakhir.

Apa itu senjata koil dan bagaimana cara kerjanya?

Senjata ini hadir dengan serangkaian koil yang disusun di sepanjang laras senjata. Untuk menciptakan medan magnet yang dapat meluncurkan proyektil ke depan, setiap koil diberi energi satu demi satu.

Selama peluncuran, proyektil tetap berada di tengah koil yang membantu mencegahnya menyentuh dinding laras. Penembakan berulang kali tidak menyebabkan keausan pada komponen. (Nizar Fachri Rabbani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper