Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kremlin Bantah Pemerintah Rusia Perintahkan Bunuh Bos Wagner

Kremlin menyangkal pemimpin tentara bayaran Grup Wagner Yevgeny Prigozhin dibunuh atas perintah pemerintah Rusia.
Potret pimpinan tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin dan komandan kelompok Wagner Dmitry Utkin pada peringatan darurat di Moskow, Rusia 24 Agustus 2023. REUTERS/Stringer
Potret pimpinan tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin dan komandan kelompok Wagner Dmitry Utkin pada peringatan darurat di Moskow, Rusia 24 Agustus 2023. REUTERS/Stringer

Bisnis.com, JAKARTA - Kremlin menyangkal pernyataan Barat bahwa pemimpin tentara bayaran Grup Wagner Yevgeny Prigozhin dibunuh atas perintah pemerintah Rusia dan mengatakan itu adalah kebohongan mutlak.

Dilansir dari Aljazeera, pada Jumat (25/8/2023), pemerintah menolak untuk mengkonfirmasi secara pasti kematian Prigozhin dalam kecelakaan pesawat dengan alasan harus menunggu hasil tes.

Penyelidik Rusia telah menemukan 10 jenazah dan perekam penerbangan dari lokasi kecelakaan hari Rabu di barat laut Moskow dan penyelidikan sedang dilakukan. Prigozhin termasuk di antara mereka yang berada di dalam pesawat.

Prigozhin yang melakukan pemberontakan singkat dan mengejutkan di Rusia dua bulan lalu, menyewa pejuang yang ditakuti di Afrika dan Suriah dan memainkan peran penting dalam perang di Ukraina .

Beberapa pejabat negara Barat yang tidak disebutkan namanya dan dikutip di media menyatakan bahwa ledakan pesawat tersebut tampaknya merupakan bentuk balas dendam atas pemberontakan Wagner pada bulan Juni yang merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin selama 23 tahun.

Namun, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dengan tegas menolak tuduhan tersebut.

“Saat ini, tentu saja, ada banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat dan kematian tragis para penumpang pesawat, termasuk Yevgeny Prigozhin,” kata Peskov kepada wartawan melalui panggilan konferensi. 

Menurutnya, tentu saja di Barat, spekulasi tersebut dilontarkan dari sudut pandang tertentu dan semuanya adalah kebohongan belaka.

Ketika ditanya apakah Kremlin telah menerima konfirmasi resmi atas kematian Prigozhin, Peskov merujuk pada pernyataan Putin sehari sebelumnya. 

“Dia mengatakan saat ini semua analisis forensik yang diperlukan, termasuk pengujian genetik akan dilakukan. Setelah beberapa kesimpulan resmi siap untuk dirilis, kesimpulan tersebut akan dirilis.”

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, sekutu dekat Putin yang memediasi kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan, mengatakan dia tidak dapat membayangkan pemimpin Rusia yang memerintahkan pembunuhan Prigozhin.

“Saya kenal Putin. Saya tidak bisa membayangkan Putin yang melakukan hal ini, dan Putin yang harus disalahkan. Itu pekerjaan yang terlalu kasar dan tidak profesional. Dia penuh perhitungan, sangat tenang, bahkan lambat,” kata Lukashenko seperti dikutip media pemerintah. 

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dugaan kematian Prigozhin dapat mengganggu stabilitas Grup Wagner miliknya.

Jet pribadi itu jatuh segera setelah lepas landas dari Moskow menuju St Petersburg, membawa Prigozhin, enam anggota Wagner lainnya dan tiga awak, menurut Badan Transportasi Udara Federal.

Presiden AS Joe Biden, berbicara kepada wartawan pada Rabu (23/8/2023), mengatakan dia yakin Putin kemungkinan besar berada di balik kecelakaan itu. 

“Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi saya tidak terkejut. Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin.”

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov tersinggung dengan pernyataan itu. “Menurut pendapat saya, bukan hak Presiden AS untuk membicarakan peristiwa tragis tertentu seperti ini,” katanya pada Jumat (25/8/2023). (Nizar Fachri Rabbani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper