Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris: Belum Ada Bukti Bos Wagner Prigozhin di Dalam Jet Pribadi yang Ditembak Jatuh

Inggris mengatakan bahwa belum ada bukti pasti bahwa bos tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, berada di dalam pesawat yang jatuh.
Potret pimpinan tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin dan komandan kelompok Wagner Dmitry Utkin pada peringatan darurat di Moskow, Rusia 24 Agustus 2023. REUTERS/Stringer
Potret pimpinan tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin dan komandan kelompok Wagner Dmitry Utkin pada peringatan darurat di Moskow, Rusia 24 Agustus 2023. REUTERS/Stringer

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa belum ada bukti pasti bahwa bos tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, berada di dalam pesawat yang jatuh tanpa ada korban selamat awal pekan ini, tetapi "sangat mungkin" dia tewas.

Melansir Reuters, pihak berwenang Rusia mengatakan Prigozhin terdaftar sebagai penumpang di pesawat yang jatuh dari langit Barat Laut Moskow pada Rabu (23/8/2023) malam, dua bulan setelah dia memimpin pemberontakan yang gagal terhadap petinggi militer.

Penyelidik Rusia telah membuka penyelidikan atas kejadian tersebut, namun belum secara resmi mengonfirmasi identitas 10 jenazah yang ditemukan dari reruntuhan.

"Belum ada bukti pasti bahwa Prigozhin ada di dalamnya dan dia diketahui melakukan tindakan pengamanan yang luar biasa. Namun, kemungkinan besar dia memang tewas," kata kementerian Inggris dalam pembaruan intelijen pertahanan yang diposting di platform media sosial X, Jumat (25/8/2023), yang sebelumnya bernama Twitter.

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan intelijen menunjukkan Prigozhin "kemungkinan besar" berada di pesawat tersebut.

“Kami jelas memantau situasi dengan sangat cermat, bekerja sama dengan sekutu kami untuk mengetahui apa yang terjadi,” katanya kepada wartawan.

Kementerian Pertahanan mengatakan kematian Prigozhin "hampir pasti akan menimbulkan dampak yang sangat mengganggu stabilitas Grup Wagner".

“Sifat pribadinya yang hiper-aktif, keberanian yang luar biasa, dorongan untuk mencapai hasil dan kebrutalan ekstrim meresapi Wagner dan tidak mungkin ditandingi oleh penerusnya,” katanya.

Kekosongan kepemimpinan Wagner akan diperparah oleh laporan bahwa pendiri dan komandan lapangan Dimitry Utkin dan kepala logistik Valery Chekalov juga tewas.

Seperti diketahui, jet pribadi yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di dekat Desa Kuzhenkino di Wilayah Tver, kata Kementerian Situasi Darurat Rusia.

Pelacak online Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat Embraer (nomor registrasi RA-02795) yang membawa Prigozhin telah hilang dari radar pada pukul 18:11 (15:11 GMT).

Klip video yang belum diverifikasi yang diunggah ke media sosial menunjukkan sebuah pesawat menyerupai jet pribadi jatuh dari langit.

Klip lain yang belum diverifikasi menunjukkan puing-puing pesawat yang terbakar di tanah. Setidaknya satu tubuh terlihat. Tim penyelamat telah menemukan tujuh mayat dari lokasi kejadian, TASS melaporkan.

Segera setelah pesawat itu jatuh, jet pribadi kedua yang terkait dengan Prigozhin yang juga tampaknya menuju ke St. Petersburg, markas Prigozhin, kembali ke Moskow, menurut data pelacakan penerbangan dan sudah mendarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper