Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guru Besar FIB UI dan Rektor Unhas Raih Penghargaan BRIN-LPDP

Guru Besar FIB UI Melani dan Rektor Unhas meraih penghargaan dari BRIN dan LPDP.
Logo Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)./Istimewa
Logo Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Guru Besar FIB UI Melani Budianta dan Rektor Universitas Hasanudin (Unhas) Jamaluddin Jompa meraih penghargaan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Rabu (23/8/2023).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa penghargaan itu sebagai penghormatan kepada akademisi yang memiliki kiprah cemerlang di bidang masing-masing.

"Perwujudannya dengan memberi anugerah dan juga tempat terhormat untuk orasi ilmiah bagi ilmuwan yang mempunyai reputasi nasional dan internasional, serta kontribusinya yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan," kata Handoko dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (23/8/2023).

Melani Budianta menyabet Sarwono Award, penghargaan yang diberikan kepada individu yang berprestasi dan berkontribusi luar biasa dalam ilmu pengetahuan serta memiliki dampak penelitian yang dimanfaatkan masyarakat, atas kiprahnya sebagai pelopor perkembangan kajian budaya di Indonesia.

Melani meraih gelar doktornya dari Cornell University, Inggris pada 1992, dan mengabdikan dirinya dalam mengembangkan ilmu sastra dan kajian budaya di Universitas Indonesia.

Sementara itu, Jamaluddin menyampaikan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture, yang merupakan orasi ilmiah oleh individu yang berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, berkat rekam jejaknya sebagai ahli biologi dan ekologi kelautan.

Jamaludin menyelesaikan gelar doktornl di Marine Biology Program James Cook University, Australia pada 2003.

Dia pernah bekerja dengan masyarakat pesisir untuk mendalami biologi terumbu karang dan ekologi pesisir.

Adapun nama “Sarwono” merujuk kepada Sarwono Prawirohardjo, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pertama.

Sarwono Award telah diberikan setiap tahunnya sejak 2002, sedangkan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture telah menjadi agenda rutin yang berjalan sejak 2001.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper