Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Canggih Jet Tempur F-15EX Kebanggaan Prabowo dan Su-35 Buatan Rusia

Menhan Prabowo Subianto baru saja meneken MoU untuk membeli 24 unit jet tempur F-15EX dari Amerika Serikat.
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Menhan Prabowo Subianto baru saja meneken MoU untuk membeli 24 unit jet tempur F-15EX buatan Amerika Serikat.

Karena F-15EX merupakan jet tempur buatan AS, perbandingan dengan jet tempur buatan Rusia tentu tak terhindarkan. Apalagi belakangan, jet tempur Su-35 Rusia tengah jadi perbincangan.

Military Watch menyoroti keunggulan dari masing-masing pesawat. F-15EX memiliki keunggulan kecepatan, yang mana kecepatan maksimalnya mencapai Mach atau kecepatan suara setara 2,5, sedangkan Su-35 hanya memiliki Mach 2,25.

Namun, dari keseluruhan perbandingan, itu adalah satu-satunya kelebihan yang dimiliki pesawat tempur AS. Sebab jika dilihat dari bagian manapun, F-15EX yang akan dibeli Prabowo kalah dari Su-35.

Perbandingan

Kedua pesawat memiliki radar yang sama-sama canggih, yaitu Irbis-E pada Su-35 dan AN/APG-82 pada F-15EX, tetapi radar yang disematkan Rusia terhadap jet tempur buatannya itu tetap lebih unggul.

Selain lebih besar dan kuat, Irbis-E dapat mendeteksi target pada jarak lebih dari 400 kilometer, mampu melacak 30 target udara dan bisa melancarkan serangan hingga delapan pesawat musuh secara bersamaan.

Radar ini bahkan dapat mendeteksi pesawat tempur siluman dengan penampang radar yang lebih rendah pada jarak lebih dari 80 kilometer. 

Dibanding dengan F-15EX, Su-35 lebih dapat diandalkan dalam jangkauan visual. Ini membuat pilot di jet tempur buatan Moscow tersebut lebih nyaman dan jarak pandangnya lebih luas.

Kelebihan lain yang dimiliki Su-35 adalah rudal hipersonik udara ke udara R-37M yang memiliki jangkauan 400 kilometer. Ini merupakan kemampuan manuver tinggi berkat kecepatan Mach 6 dan sensor yang sangat kuat.

Sedangkan F-15EX kebanggan Prabowo "hanya" mengandalkan AIM-120C yang sudah usang, dengan jangkauan 105 kilometer saja.

Meskipun F-15EX dapat dipasarkan dengan AIM-120D yang jangkauannya 180 kilometer, tetapi itu hanya kurang dari setengah dari jangkauan R-37M.

Selain itu, kecepatan rudal AS juga kalah cepat, yaitu Mach 1,5 lebih lambat dibanding rudal Rusia. 

Dalam waktu dekat, Su-35 juga akan bisa menggunakan rudal udara ke udara generasi berikutnya, K-77M. Rudal dengan jangkauan 200 kilometer ini akan dilengkapi sistem panduan APAA baru yang revolusioner dan akan membuatnya sangat sulit untuk dihindari.

Meski kemampuan rudal udara ke udara-nya kalah unggul, F-15EX dapat membawa 22 rudal, sedangkan Su-35 hanya 14 unit rudal saja.

Dengan semua perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Su-35 lebih bersinar daripada F-15EX. Akan tetapi, kehadiran F-15EX membuat TNI AU semakin kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper