Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kado Kemerdekaan, Arca Singasari yang Dicuri Belanda Dipulangkan Pada 17 Agustus 2023

Arca Singasari sempat dicuri dari candi Singosari oleh pejabat Belanda akan dikembalikan pada 17 Agustus 2023. Ini menjadi kado kemerdekaan.
Bonnie Triyana dan Sadiah Boonstra mendampingi tim ahli repatriasi:  Junus Satrio, Irma dan Ninie Susanti memeriksa pengemasan Arca Prajnapramita sebelum dikirim ke Indonesia, pada Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2023./Twitter
Bonnie Triyana dan Sadiah Boonstra mendampingi tim ahli repatriasi: Junus Satrio, Irma dan Ninie Susanti memeriksa pengemasan Arca Prajnapramita sebelum dikirim ke Indonesia, pada Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2023./Twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Sejarawan Bonnie Triyana membagikan kabar gembira sekaligus menjadi kado kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 bagi masyarakat Indonesia melalui unggahan di Twitter pribadinya. 

Dalam unggahan pribadinya, Bonnie membagikan foto dirinya bersama dengan Dr. Sadiah Boonstra beserta tim ahli repatriasi, Dr. Junus Satrio, Prof. Irma, dan Dr. Nine Susanti berlatar belakang arca Singasari. Bonnie menyebut mereka sedang berada di Belanda untuk memeriksa pengemasan artefak tersebut. 

“Saya dan Dr. Sadiah Boonstra mendampingi tim ahli repatriasi: Dr. Junus Satrio, Prof. Irma dan Dr. Ninie Susanti memeriksa pengemasan arca Singosari sebelum dikirim ke Tanah Air tepat pada hari kemerdekaan, 17 Agustus 2023,” cuit akun @bonnietriyana, Selasa (15/8/2023). Ini akan menjadi kado kemerdekaan bagi Indonesia, karena arca yang dicuri akan segera dikembalikan.

Berdasarkan unggahan pribadinya, Bonnie mengatakan bahwa arca Singasari ini diambil seenaknya oleh pejabat Belanda dari candi Singosari. Arca ini kemudian disimpan oleh pejabat Belanda di kediaman pribadinya kemudian dibawa ke Belanda dan disimpan di museum Belanda. 

”Arca ini dl diambil seenaknya dari tempatnya di candi Singosari oleh pejabat Belanda. Disimpan di rumahnya. Lantas dibawa ke Belanda, disimpan di museum. Sejak tahun 1950an sudah diminta oleh pemerintah Indonesia. Sementara kini orang Belanda juga malu memamerkan barang colongan,” unggah Bonnie pada akun pribadinya, Rabu (16/8/2023). 

Sejak tahun 1950-an pemerintah Indonesia sudah berupaya untuk meminta kembali arca Singasari itu. Akhirnya, setelah tiga abad atau 300 tahun berada di Negara Kincir Angin tersebut, arca Singasari akan dipulangkan kembali Indonesia.

Arca Singasari dikabarkan akan tiba di tanah air tepat pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2023 dan menjadi kado kemerdekaan Indonesia.. Sebelumnya, pada tahun 1978 Belanda pernah mengembalikan arca Prajnaparamita dan sebagian kecil harta jarahan dari Lombok. Koleksi itu hingga kini terawat baik di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper