Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! Bamsoet Resmi Buka Sidang Tahunan MPR 2023

Dalam sambutan pembukaan Sidang Tahunan MPR 2023, Bambang Soesatyo (Bamsoet) membacakan pantun menyinggung soal koalisi Pemilu 2024.
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet resmi membuka Sidang Tahunan MPR 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPR Tahun 2023 pada Rabu (16/8/2023).
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet resmi membuka Sidang Tahunan MPR 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPR Tahun 2023 pada Rabu (16/8/2023).

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet resmi membuka Sidang Tahunan MPR 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPR Tahun 2023 pada Rabu (16/8/2023).

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 dengan agenda Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara yang akan disampaikan oleh Presiden dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI, kami buka dan dinyatak terbuka untuk umum," ujar Bamsoet saat membuka Sidang Tahunan MPR 2023, Rabu (16/8/2023).

Dalam sambutan pembukaan Sidang Tahunan MPR, Bamsoet juga membacakan 2 buah pantun. Uniknya, pantun itu menyinggung soal koalisi Pemilu 2024.

"Burung perkutut di atas awan, terbang tinggi hinggap di pohon beringin, terima kasih atas kehadiran Tuan dan Puan, walaupun koalisi masih bisa berubah-ubah melalui Sidang Tahunan MPR ini mari jaga persatuan dan kesatuan," ujar Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini turut membacakan pantun terkait HUT ke-78 RI.

"Bunga dedap di atas para, anak dusun pasang pelita. Sudah 78 tahun Indonesia Merdeka, saatnya kita wujudkan Indonesia jaya berlandaskan Pancasila," ucap Bamsoet.

Untukd diketahui, Sidang Tahunan ini dihadiri oleh banyak pejabat negara, terutama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sejumlah ketua umum partai politik parlemen juga menghadiri sidang tahunan MPR 2023. Hanya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tak hadir karena sedang berada Pacitan, Jawa Timur.

Nantinya dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD ini, Presiden Jokowi sendiri akan berikan pidato sebanyak dua kali.

Berdasarkan jadwal sidang tahunan yang diterima Bisnis, pidato pertama Presiden akan dilakukan hari ini pukul 10.16 WIB dan membahas tentang kinerja lembaga negara sekaligus pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Kemudian, pidato kedua Jokowi dilakukan pada pukul 13.50 WIB dan akan membahas tentang penyampaian pengantar atau keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Sidang tahunan tersebut rencananya akan dihadiri oleh 1.549 undangan. Selain Presiden dan Wakil Presiden, acara tersebut juga bakal dihadiri oleh mantan presiden dan mantan wakil presiden, lalu mantan ketua MPR/DPR dan DPD.

Selain itu, turut hadir pula para pimpinan lembaga negara , menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pejabat setingkat menteri.

Tidak hanya itu, para ketum partai juga dikabarkan akan menghadiri sidang tahunan yang digelar di DPR, ditambah para ketua ormas keagamaan se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper