Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tank Leopard Dikirim ke Ukraina Melalui Broker Belgia, Ada Apa?

Tank tempur Leopard dikirim ke Ukraina melalui broker Belgia, ada apa?
Tank Leopard buatan Jerman./Bloomberg
Tank Leopard buatan Jerman./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Lusinan tank Leopard 1 yang mengalami perbaikan akan dikirim ke Ukraina, menyusul pembelian oleh pembeli rahasia dari dealer swasta Belgia, menurut Washington Post.

Dealer Belgia Freddy Versluys, yang merupakan kepala eksekutif perusahaan pertahanan OIP Land Systems, memperoleh tank tersebut bertahun-tahun yang lalu ketika tentara Belgia melakukan tindakan pemotongan biaya yang melibatkan penjualan kendaraan ini.

Versluys memilih untuk tidak membagikan harga yang dibayarkan untuk tangki atau rincian tambahan apa pun tentang transaksi tersebut. Meskipun demikian, dia keberatan dengan klaim yang menunjukkan bahwa dia telah meminta 500.000 euro untuk setiap kendaraan, mencatat bahwa dia telah memperolehnya masing-masing seharga 15.000 euro.

Pada awal 2023, Menteri Pertahanan Belgia Ludivine Dedonder mengungkapkan minat Belgia untuk membeli kembali tank Leopard. Namun, dia menunjukkan bahwa harga yang dikutip dianggap "tidak masuk akal".

Tanggal kedatangan tank-tank tersebut di Ukraina, bersama dengan kepastian setelah mendapatkan perbaikan, masih belum jelas.

Handelsblatt, sebuah surat kabar Jerman, melaporkan bahwa sejumlah besar Leopard berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan sehingga penggunaannya hanya terbatas pada penyediaan suku cadang.

Dua hari yang lalu, identitas pembeli Leopard yang tidak dikenal terungkap, dan itu adalah produsen senjata Jerman Rheinmetall. Tank-tank tersebut dibeli dengan maksud untuk dimasukkan ke dalam ekspor mendatang ke Kyiv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper