Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Perguruan Tinggi yang Lulusannya Cepat Kerja, Ada UI hingga Binus

Data QS Graduate Employability Rankings tahun 2022 menunjukkan alumni dari delapan perguruan tinggi mampu mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang cukup cepat.
Kampus Binus University di Alam Sutera Tangeran/Binus
Kampus Binus University di Alam Sutera Tangeran/Binus

Bisnis.com, JAKARTA – Data QS Graduate Employability Rankings tahun 2022 menunjukkan alumni dari beberapa perguruan tinggi mampu mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang cukup cepat setelah lulus.

Hal ini dipengaruhi oleh akreditasi dan bukti nyata kemampuan para alumninya bisa bersaing dalam dunia kerja. Akreditasi program studi (prodi) perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa karena faktor ini yang menentukan seberapa cepat mendapatkan pekerjaan.

Selain biaya kuliah dan keterjangkauan akses, faktor akreditasi prodi harus menjadi salah satu pertimbangan oleh calon mahasiswa.

Berikut 8 perguruan tinggi yang lulusannya dapat pekerjaan dalam waktu yang cukup cepat:

1. Universitas Diponegoro (Undip)

QS Graduate Employability Rankings menempatkan Undip di posisi teratas sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang lulusannya cepat mendapat pekerjaan.

Undip juga menduduki peringkat 251-300 di dunia pada pemeringkatan tersebut. Undip merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang berpusat di kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) berada di bawah Undip dalam hal lulusan yang cepat mendapat pekerjaan di Indonesia. Secara global, UI menduduki peringkat 251-300 pada pemeringkatan tersebut.

UI membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang vokasi, sarjana, dan pascasarjana melalui SNBP, SNBT, Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), dan Seleksi Masuk UI.

Kampus yang identik dengan jaket almamater berwarna kuning itu juga membuka S-1 kelas internasional.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Unair adalah perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kampus ini mencatatkan namanya sebagai kampus yang lulusannya cepat mendapat pekerjaan. Unair menduduki peringkat 301-500 di dunia pada pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings.

Merujuk data QS, total jumlah mahasiswa yang menempuh studi di Unair mencapai 28.701 orang.

Sebanyak 70 persen dari jumlah tersebut adalah mahasiswa jenjang sarjana, sementara 30 persen sisanya adalah mahasiswa pascarsarjana.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Dilansir dari laman ITB, PTN ini didirikan untuk mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia.

ITB tercatat pada berbagai lembaga pemeringkatan, seperti: THE World Rankings 2023: 1201-1500, THE Asia Rankings 2022: 301-350, QS World Rankings 2023: 235, dan QS Asian Rankings 2023: 63.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menduduki peringkat 301-500 pada QS Graduate Employability Rankings.

Dilansir dari laman QS, PTN ini mempunyai 39.209 mahasiswa yang terdiri dari 79 persen mahasiswa sarjana dan 26 persen mahasiswa pascasarjana.

Dengan jumlah staf 4.802 orang, UGM juga menjadi tempat belajar bagi 680 mahasiswa asing, baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS berada di peringkat 301-500 dunia berdasarkan QS Graduate Employability Rankings. Sementara, berdasarkan QS World University Rankings, PTN tersebut juga menduduki peringkat 621-630 di dunia.

7. Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara atau Binus adalah perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di peringkat ketujuh dalam hal lulusannya cepat mendapat pekerjaan usai kuliah.

Merujuk laman QS, Binus menempati peringkat 1001-1.200 QS World University Ranking. Tak hanya itu, PTS yang berlokasi di banyak daerah, seperti Jakarta, Tangerang, dan Bekasi tersebut juga mendapat 5 QS Stars.

8. Universitas Brawijaya (UB)

UB berada di peringkat ke-501+ berdasarkan QS Graduate Employability Rankings tahun lalu. UB merupakan salah satu PTN terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa yang menempuh studi pada jenjang vokasi, sarjana, magister, doktor, profesi, dan dokter spesialis.

Dilansir dari laman UB, PTN ini dilengkapi dengan perpustakaan, asrama mahasiswa internasional, koperasi, unit pengembangan karier, termasuk Institut Biosains untuk menunjang aktivitas sivitas academica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper