Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Studi Unik di PTN Sepi Peminat pada SNBT 2023

Sejumlah prodi di Perguruan Tinggi Megeri (PTN) sepi peminat saat Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023.
ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris, namun sepi peminat pada SNBT 2023./Istimewa
ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris, namun sepi peminat pada SNBT 2023./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah program studi (prodi) di perguruan tinggi negeri (PTN) sepi peminat saat Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023.

Sebagian besar program studi sepi peminat itu unik dan langka atau hanya satu di Indonesia.

Berikut prodi sepi peminat saat SNBT 2023:

Prodi Senjata Tradisional Keris ISI Surakarta

Institut Seni Indonesia atau ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris.

Program ini dibuka untuk program sarjana terapan yang berada di bawah naungan jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institusi Seni Indonesia.

Dilansir dari situs resmi jurusan Senjata Tradisional Keris ISI,  Senin (26/6/2023), sejak dibuka hingga saat ini, jurusan tersebut hanya membuka kuota pendaftar sebanyak 30 mahasiswa.

Dilansir dari situs resmi ISI, lulusan jurusan Keris dapat menjadi kreator, konservator, fasilitator, hingga entrepreneur bidang keris. Mahasiswa belajar menguasai inovasi desain ragam keris, ekplorasi bahan baku bilah keris, teknologi peralatan dan bahan pembuatan perabot keris, serta tosan aji.

Keberadaab program studi tersebut merupakan konsekuensi dari pengakuan UNESCO terhadap keris sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia.

Pendaftaran untuk prodi itu melalui jalur mandiri dibuka hingga 15 Juli 2023, dan pengumuman penerimaan calon mahasiswa baru pada 31 Juli 2023.

Prodi Etnomusikologi Universitas Mulawarman

Program studi Etnomusikologi merupakan bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan Universitas Mulawarman (Unmul) yang mempelajari bentuk seni berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik etnis.

Berdasarkan data penerimaan mahasiswa baru Unmul tahun 2022 jurusan seni pertunjukan ini juga sepi peminat, tercatat dari kuota 26 calon mahasiswa yang tersedia hanya enam pendaftar mahasiswa.

Setelah menyelesaikan studi di Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya Unmul, maka lulusan ini akan menjadi akademisi atau pun praktisi di bidang musik.

Pengkaji seni khususnya musik dalam kebudayaan, yang bisa berprofesi sebagai ilmuwan seni budaya, peneliti (muda) lapangan budaya masyarakat,  konsultan seni musik dan tari, tenaga ahli  museum, tenaga ahli korps musik TNI, tenaga ahli departemen budaya dan pariwisata, tenaga ahli departemen pendidikan dan kebudayaan.

Pengelola seni yang bekerja sebagai event organizer, pengelola industri seni budaya, pengusaha di bidang seni, pengelola usaha pariwisata dan budaya, dan lain-lainnya.

Pencipta seni, sebagai komponis, koreografer, penggubah lagu, penulis lirik lagu, pencipta tari, juga sebagai praktisi seni , dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper