Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap, Markas Tentara Bayaran Rusisa Grup Wagner di Belarusia

Markas atau kamp milik tentara bayaran Rusia, Grup Wagner, di Belarusia muncul ke publik berupa ratusan renda.
Pendiri kelompok tentara bayaran swasta Wagner Yevgeny Prigozhin meninggalkan pemakaman sebelum pemakaman blogger militer Rusia Maxim Fomin yang dikenal luas dengan nama Vladlen Tatarsky, yang baru-baru ini tewas dalam serangan bom di sebuah kafe St Petersburg, di Moskow, Rusia, 8 April , 2023. REUTERS/Yulia Morozova/
Pendiri kelompok tentara bayaran swasta Wagner Yevgeny Prigozhin meninggalkan pemakaman sebelum pemakaman blogger militer Rusia Maxim Fomin yang dikenal luas dengan nama Vladlen Tatarsky, yang baru-baru ini tewas dalam serangan bom di sebuah kafe St Petersburg, di Moskow, Rusia, 8 April , 2023. REUTERS/Yulia Morozova/

Bisnis.com, JAKARTA – Markas atau kamp milik tentara bayaran Rusia, Grup Wagner, di Belarusia muncul ke publik. Markas itu berupa ratusan renda yang terpantau satelit beresolusi tinggi.

Melansir BBC, Sabtu (1/7/2023), keberadaan markas baru Wagner itu merupakan tindak lanjut kesepakatan pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin, bahwa dia dan pasukannya direlokasi ke Belarusia pasca-pemberontakan singkat terhadap militer Rusia.

Citra satelit menunjukkan aktivitas di bekas pangkalan militer sekitar 13 mil (21 km) dari Kota Asipovichy - sekitar 64 mil dari Minsk, Ibu Kota Belarusia. Daerah tersebut telah dilaporkan media Rusia sebagai tempat yang dapat menampung para pejuang Wagner.

BBC Verify telah mengidentifikasi lebih dari 300 bangunan mirip tenda yang didirikan dalam dua minggu terakhir.

Citra satelit pada 15 Juni 2023 menunjukkan tidak ada struktur yang terlihat. Gambar beresolusi tinggi terbaru yang  diperoleh adalah pada 30 Juni 2023 dan mengungkap pekerjaan ekstensif yang sedang dilakukan di pangkalan.

Tidak mungkin untuk memastikan bahwa struktur baru ini dimaksudkan untuk menampung pasukan Wagner, tetapi Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko telah setuju untuk mengakomodasi pasukan Wagner.

Kehadiran mereka berarti bahwa Ukraina sekarang harus khawatir tentang memperkuat perbatasan Utara-nya, sementara negara-negara tetangga NATO Polandia, Latvia dan Lituania memiliki kekhawatiran tentang aktivitas subversif yang mungkin dilakukan Wagner dari Belarusia.

Namun tidak seorang pun, mungkin bahkan Kremlin sendiri, yang tahu berapa banyak pejuang Wagner yang akan pergi ke Belarusia, berapa banyak yang akan bergabung dengan tentara Rusia untuk bertempur di Ukraina, dan berapa banyak yang akan gantung sepatu dan pulang.

Mengapa Wagner Penting?

Pertama, hanya dalam waktu beberapa jam pada tanggal 24 Juni 2023, Wagner menguasai seluruh Kota Rusia, Rostov-on-Don. Mereka kemudian mengirim konvoi bersenjata berat ke Utara, berhenti hanya 200 km dari Moskow, menembak jatuh pesawat militer Rusia dalam perjalanan.

Itu adalah tantangan paling serius terhadap pemerintahan Presiden Putin, bahkan jika, seperti yang diklaim oleh pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin, hal itu tidak dimaksudkan.

Singkatnya, itu nyaris memicu apa yang bisa menjadi bencana perang saudara di negara dengan gudang senjata nuklir terbesar di dunia.

Kedua, Wagner sejauh ini merupakan kekuatan militer paling efektif Rusia di Ukraina. Prajuritnya, yang terdiri dari veteran karier dan narapidana, dalam banyak kasus dibayar lebih baik dan lebih termotivasi daripada tentara reguler.

Setelah berbulan-bulan pertempuran jarak dekat yang sengit yang menyerupai pertempuran jalanan Stalingrad di WW2, Wagner memberi Rusia sesuatu yang menyerupai kemenangan ketika pasukannya merebut kota Bakhmut yang hancur tahun ini.

Apa yang akan Dilakukan Putin?

Presiden Putin menghadapi dilema. Wagner melancarkan pemberontakan, jadi itu jelas merupakan potensi ancaman di masa depan. Namun itu juga sangat berguna bagi Kremlin dan tidak hanya di Ukraina.

Dikerahkan ke Suriah, Libya, dan beberapa negara Afrika, Wagner memproyeksikan kekuatan dan pengaruh strategis Rusia di seluruh dunia, dan selama ini dengan kedok berpura-pura tidak ada hubungannya dengan Kremlin.

Baru belakangan ini Putin akhirnya mengakui bahwa Wagner telah didanai negara hingga miliaran rubel.

Menyusul pemberontakan yang dibatalkan, Kremlin mengatakan para pejuang Wagner memiliki waktu hingga 1 Juli untuk memutuskan apakah akan menandatangani kontrak untuk bergabung dengan tentara reguler (bukan prospek yang menarik bagi kebanyakan orang). Jika tidak, mereka bisa pulang, atau pergi ke negara tetangga Belarusia di mana Prigozhin seharusnya berada di pengasingan.

Di Manakah Lokasi Prigozhin?

Pemimpin Wagner bukanlah prajurit karier. Mantan narapidana dan penjual hot dog ini senang muncul di saluran Telegram Wagner, mengenakan pakaian tempur, dan melontarkan omelan populer tentang pelecehan sarat sumpah serapah pada kepemimpinan militer Rusia karena ketidakmampuannya. Tapi, dia diamselama beberapa hari terakhir, dan keberadaannya tidak diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper