Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi dan Ma'ruf Amin Kompak Kurbankan Sapi Seberat 1,1 Ton

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin kompak mengurbankan sapi dengan berat 1,1 ton.
Wapres Maruf Amin berkurban seekor sapi berjenis Simmental seberat 1 ton yang diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal Jakarta / Setwapres
Wapres Maruf Amin berkurban seekor sapi berjenis Simmental seberat 1 ton yang diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal Jakarta / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dengan kompak akan menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi limosin seberat 1,1 ton untuk Hari Raya Iduladha 1444 2023.

Sapi jenis limosin dengan berat 1.154 kilogram ini telah berada di Masjid Istiqlal dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal yang juga sebagai Badan Pengelola Masjid Istiqlal Laksamana TNI (Purn) Asep Saepudin pada hari Selasa (27/06/2023).

Rencananya, secara resmi sapi kurban tersebut akan diserahkan langsung oleh Wapres usai menunaikan salat Iduladha di Masjid Istiqlal kepada panitia kurban pada Kamis, (29/6/2023).

Selain di Masjid Istiqlal, Wapres Ke-13 RI itu juga menyerahkan 56 hewan kurban sapi di seputar Jabodetabek dengan berat rata-rata 800 kilograk dan 10 ekor kambing.

Hewan kurban yang diserahkan oleh Wapres ini, telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Badan Karantina Peternakan dan Kesehabtan Hewan, Kementerian Pertanian, sehingga memenuhi syarat dan layak untuk menjadi hewan kurban.

Sementara itu, Jokowi membeli sapi jenis limosin untuk hewan kurban Iduladha seberat 1,1 ton lebih dari peternak sapi bernama Bahrowi Yahya, warga Desa Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sapi berusia 3 tahun 8 bulan itu diberi nama Gesbi, memiliki panjang 190 cm dengan tinggi badan 159 cm dan lingkar dada 250 cm, Gesbi menjadi sapi kurban Presiden Jokowi yang dibeli dengan harga mencapai sekitar Rp115 juta.

Adapun pembelian sapi tersebut dilakukan di Lumajang, Jawa Timur lantaran orang nomor satu di Indonesia itu akan melaksanakan ibadah Iduladha 1444 Hijriah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Di Jogja,” katanya singkat usai meninjau harga komoditas di Pasar Palmerah, Senin (26/6/2023).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono pun menjelaskan bahwa sapi kurban Presiden tersebut akan disalurkan ke 38 provinsi, termasuk provinsi-provinsi baru.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Iduladha 2023. Kalau tahun lalu itu [disalurkan ke] 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38," ujar Kasetpres didampingi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pada Jumat (23/6/2023).

Sebagai informasi, Sapi Limousin merupakan jenis sapi berotot berwarna coklat yang berasal dari daerah Limousin di Prancis. Jenis sapi ini memiliki tubuh yang besar, kerangka tulang yang kuat, serta berbulu halus. Selain itu, dia memiliki ukuran kepala yang kecil dan pendek, dengan dahi dan moncong yang lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper