Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iduladha 1444 H, Muhadjir Beri Saran Potong Kurban Besok agar Kompak

Menko PMK Muhadjir Effendy menyarankan agar masyarakat kompak melakukan penyembelihan hewan kurban Iduladha pada esok hari, Kamis (29/6/2023).
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyarankan agar masyarakat kompak melakukan penyembelihan hewan kurban Iduladha pada esok hari, Kamis (29/6/2023).

"Pemotongan hewan kurban, saya sarankan sesuai dengan saran dari berbagai pihak, sebaiknya dilaksanakan besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang akan melaksanakan Iduladha besok," kata Muhadjir Effendy di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, pada Rabu (28/6/2023).

Muhadjir pun tak menampik apabila ada pihak yang menginginkan untuk melakukan pemotongan hewan kurban pada hari ini.

Akan tetapi dirinya menilai bahwa semangat kebersamaan akan lebih baik untuk dijalankan. Mengingat ketentuan pemotongan hewan kurban mengikuti Hari Tasyrik yang masih berjalan hingga Jumat (30/6/2023).

"Sebetulnya sekarang juga sudah boleh untuk yang melaksanakan Iduladha hari ini bisa memotong kurban hari ini, tetapi agar ada semangat kebersamaan menunggu 1 hari pun tak masalah karena hari Tasyrik-nya kan 3 hari. Jadi, masih ada waktu dua hari untuk kita untuk menyembelih kurban," ujarnya.

Muhadjir pun berharap agar pelaksanaan salat Iduladha pada esok hari, Kamis (29/6/2023) berjalan lancar. Menurutnya, apabila terdapat perbedaan perayaan setiap pihak harus dapat mengambil hikmah.

"Ada dua hal yang harus ditekankan yaitu semangat untuk menjalin persaudaraan dan mewarisi akhlakul kharimah yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim juga Nabi Muhammad SAW. Salah satunya yang dicontohkan adalah sikap pemurah dan dermawan," tuturnya.

Dia menilai momentum Hari Raya Iduladha merupakan kesempatan untuk berkurban dalam rangka menggambatkan bahwa Indonesia adalah bangsa pemurah, bangsa yang suka berderma.

"Apalagi, bangsa indonesia ini kan berada di ranking satu sebagai bangsa yang dermawan di dunia dan kita manfaatkan momentum juga dalam Iduladha ini," pungkas Muhadjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper