Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawa Para Miliarder, Berapa Biaya Tur Menjelajahi Bangkai Titanic dengan Kapal Selam?

Menjelajahi bangkai kapal Titanic dengan kapal selam menjadi salah satu wisata menarik bagi para kalangan berduit. Berapa biayanya?
Kapal selam Titan, yang dioperasikan oleh Ekspedisi OceanGate untuk menjelajahi reruntuhan Titanic yang tenggelam di lepas pantai Newfoundland, menyelam dalam sebuah foto tanpa tanggal. Ekspedisi/Handout OceanGate melalui REUTERS
Kapal selam Titan, yang dioperasikan oleh Ekspedisi OceanGate untuk menjelajahi reruntuhan Titanic yang tenggelam di lepas pantai Newfoundland, menyelam dalam sebuah foto tanpa tanggal. Ekspedisi/Handout OceanGate melalui REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelajahi bangkai kapal Titanic dengan kapal selam menjadi salah satu wisata menarik bagi para kalangan berduit. Berapa biayanya?

Melansir dari The Washington Post, Kamis (22/6/2023), perjalanan yang ditawarkan OceanGate Expeditions, ekspedisi yang perjalanan melihat bangkai Titanic dengan biaya US$250.00 atau sekitar Rp3,7 miliar per orang.

Wisata mewah itu kini berhenti sementara, karena kapal selam bernama Titan itu hilang di perairan laut dalam Samudera Atlantik pada Minggu (18/6/2023).

Kapal selam membawa lima orang, termasuk di dalamnya CEO dan pendiri OceanGate Stockton Rush, pengusaha sukses Inggris yang suka menjelajah Hamish Harding.

Titan adalah submersible, kapal selam kecil yang awalnya digunakan untuk perjalanan ke laut dalam, seperti penelitian laut dalam atau eksplorasi laut dalam.

Kapal selam tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, seperti komersial, ilmiah, atau militer. Kapal selam kecil itu baru digunakan secara khusus untuk pariwisata sejak pertengahan 1980-an dan sekarang ada sejumlah kapal selam semacam itu menyediakan layanan pariwisata menjelajah laut dalam, seperti di Hawaii atau Karibia untuk memanjakan mata wisatawan dengan keindahan laut.

Spesifikasi Titan

Melansir Reuters, submersible milik OceanGate yang hilang bernama Titan, panjang 6,7 meter dan berbasis di Everett, Washington Amerika Serikat (AS).

Dalam Titanic Survey Expedition dari OceanGate Expeditions, kapal selam dapat mencapai kedalaman maksimum 3,9 km. Adapun, bangkai kapal Titanic terletak di kedalaman sekitar 3,8 km sebelah selatan Newfoundland, Kanada.

“Kapal selam “turis” itu dapat memuat 20-60 orang di dalamnya,” kata Kohnen, pemilik Hydrospace Group, sebuah perusahaan pembuat kapal selam.

Menurut dia, Titan merupakan desain yang unik dan bukan kapal selam berkelas, tetapi beroperasi dengan pedoman keselamatan yang ditetapkan dengan baik.

Untuk diketahui, dalam mengantarkan para turis melihat bangkai kapal Titanic, Kapal selam Titan dibawa oleh kapal induk yaitu kapal pemecah es bernama Polar Prince. Nantinya, kapal selam tersebut akan dikeluarkan dari Polar Prince setelah tiba di lokasi penyelaman, di Selatan Newfoundland, Kanada.

Rincian Biaya

Ekspedisi OceanGate Titanic menelan biaya US$250.000 atau sekitar Rp3,7 miliar per orang, tidak termasuk transportasi pulang dan pergi ke St. John's, Newfoundland, tempat perjalanan dimulai dan berakhir sebelum melakukan perjalanan sekitar 400 mil ke bangkai kapal.

Situs web perusahaan mengatakan ekspedisi ke bangkai kapal menghabiskan waktu delapan hari tujuh malam dengan maksimal enam orang di dalam kapal selam Titan.

Ekspedisi Titanic tidak hanya untuk pariwisata, tetapi juga berguna untuk beberapa keperluan, antara lain eksplorasi ilmiah dan teknologi terhadap bangkai kapal tersebut, produksi film dan media, dan pengujian laut dalam.

Berikut rincian fasilitas seharga hampir Rp3,7 miliar yang ditawarkan OceanGate Expeditions dalam situs resmi mereka untuk tur mengunjungi bangkai kapal Titanic.

Waktu yang dihabiskan: 8 hari 7 malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper