Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Estonia Bakal Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis, Negara Pertama di Eropa Tengah

Parlemen Estonia telah menyetujui RUU yang melegalkan pernikahan sejenis dan tinggal menunggu pengesahan dari Presiden.
Ilustrasi LGBTQ+/Bloomberg
Ilustrasi LGBTQ+/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Parlemen Estonia telah menyetujui RUU yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada Selasa (20/6/2023) dan menjadikannya negara pertama di Eropa Tengah yang mengizinkannya.

Dikutip dari Reuters, Selasa (20/6/2023), pernikahan sesama jenis telah legal di beberapa negara di Eropa Barat yang dulunya berada di bawah pemerintahan komunis dan anggota aliansi Pakta Warsawa yang dipimpin Moskow.

"Pesan saya (untuk Eropa Tengah) adalah bahwa ini adalah perjuangan yang sulit, tetapi pernikahan dan cinta adalah sesuatu yang harus Anda perjuangkan," kata Perdana Menteri Kaja Kallas.

Dia juga menambahkan bahwa mereka telah berhasil lepas dari pendudukan Soviet dan menjadi setara dengan negara lainnya.

RUU tersebut telah mendapat 55 suara dari 101 kursi di parlemen dari koalisi partai-partai liberal dan sosial demokrat yang dibentuk Kallas setelah memperoleh kemenangan yang kuat pada pemilu 2023.

UU tersebut akan segera diberlakukan pada 2024 mendatang.

Sementara itu, di Estonia yang populasi penduduknya mencapai 1,3 juta jiwa dan kebanyakan dari penduduknya adalah kaum sekuler, 53 persen dari mereka mendukung adanya pernikahan sesama jenis, meningkat dari satu dekade sebelumnya yang hanya 34 persen.

Berlawanan dengan RUU yang akan disahkan, sebanyak 38 persen orang Estonia masih menilai bahwa hubungan sesama jenis merupakan hal yang tidak bisa diterima.

Pernikahan sesama jenis ditentang oleh minoritas etnis Rusia, yang merupakan seperempat dari populasi negara ini.

Berdasarkan data pemerintah, kaum gay di Estonia cenderung merahasiakan identitas mereka, dan separuh dari mereka pernah mengalami pelecehan.

"Ini adalah kesempatan yang baik bagi pemerintah, karena opini publik mengenai pernikahan sesama jenis telah berubah menjadi positif, dan setelah pemilihan umum tahun ini, pemerintah memiliki jumlah suara yang cukup untuk mengatasi oposisi konservatif," kata Tomas Jermalavicius, Kepala Kajian di Pusat Pertahanan dan Keamanan Internasional.

Adapun Latvia dan Lithuania, dua negara Baltik lainnya yang sebelumnya diduduki oleh Uni Soviet, memiliki rancangan undang-undang pernikahan serupa yang tertahan di parlemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper