Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Tertunda, Ini Tujuan Menlu AS Datang ke China

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS datang ke China untuk membahas konflik antara kedua negara.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken./ REUTERS/Clodagh Kilcoyne/Pool
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken./ REUTERS/Clodagh Kilcoyne/Pool

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri AS Antony merupakan pejabat tingkat tinggi pertama sejak pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang berkunjung ke China.

Blinken tiba di Beijing pada hari Minggu dijadwalkan berlangsung selama dua hari untuk pembicaraan diplopasi mencoba meredakan ketegangan AS-China yang membuat banyak orang di seluruh dunia gelisah.

Pertemuan ini sebetulnya dijadwalkan pada awal tahun lalu namun ditunda karena penemuan AS disebut sebagai balon mata-mata China terbang melintasi teritori Amerika Serikat yang ditembak jatuh.

Adapun isu itu menambah daftar panjang konflik AS-China, mulai dari perdagangan dengan Taiwan, kondisi hak asasi manusia di China dan Hong Kong hingga ketegasan militer China di Laut China Selatan dan perang Rusia di Ukraina.

Sementara Blinken membuka program kunjungannya dengan bertemu Menteri Luar Negeri China Qin Gang untuk diskusi panjang yang akan diikuti dengan jamuan makan malam.

Dia akan melakukan pembicaraan tambahan dengan Qin, serta diplomat top China Wang Yi dan jika ada kesempatakan akan bertemu pula dengan Presiden Xi Jinping, pada hari Senin.

Dikutip dari CBS News bahwa kedua belah pihak setuju bahwa mereka ingin menghentikan konflik meskipun jelas bahwa masih ada perbedaan yang mendalam.

Para pejabat mengatakan tujuan awal perjalanan Blinken adalah membangun kembali saluran komunikasi tingkat senior; mengungkapkan pandangan jujur, dan mengeksplorasi bidang kerja sama potensial.

Beijing ingin investasi mengalir karena ekonominya melambat serta mengatasi kekhawatiran mereka atas keputusan administrasi Biden baru-baru ini untuk menghentikan penjualan beberapa chip komputer kelas atas.

Pejabat tidak akan mengkonfirmasi apakah Blinken akan bertemu dengan Xi di Beijing, atau apakah pertemuan tingkat presiden akan diumumkan dalam perjalanan tersebut.

Sejak pembatalan perjalanan Blinken pada bulan Februari, telah terjadi beberapa keterlibatan tingkat tinggi.

Kepala CIA William Burns melakukan perjalanan ke China pada bulan Mei, sementara menteri perdagangan China melakukan perjalanan ke AS menemui penasihat keamanan nasional Biden Jake Sulliva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper