Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geger RI Beli 12 Jet Tempur Bekas Mirage 2000-5 Seharga Rp12 T, Apa Nggak Kemahalan Pak Menhan?

RI belakangan dihebohkan dengan kabar jika Menhan Prabowo akan membeli 12 unit jet tempur bekas Mirage 2000-5 dari Qatar.
Jet tempur Mirage 2000-5 eks Qatar. Dok www.airspace-review.com
Jet tempur Mirage 2000-5 eks Qatar. Dok www.airspace-review.com

Apakah Kemahalan?

Jawabannya relatif, sebab akan sangat berbahaya ketika muncul informasi tentang harga pasti pengadaan alutsista, baik di RI ataupun di dunia internasional.

Sebab untuk menetapkan harga sebuah alat perang, akan memerlukan studi mendalam dan analisis multi-lipat dari berbagai faktor sebelum angka yang cukup akurat dapat diperoleh.

Terlepas dari hal di atas, menarik untuk dicatat bahwa harga 1 unit Mirage 2000 di Wikipedia dan SPS Aviation masih ditampilkan seharga 23 juta dollar atau setara dengan Rp343 miliar.

Tapi dilansir dari Airplane Update, harga satu buah pesawat Dassault Mirage 2000 terbaru sudah naik di angka US$ 30,6 Juta (Rp457,2 miliar).

Tentu ini harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Mirage 2000-5 yang akan diboyong Prabowo ke Indonesia dalam waktu dekat yang dibanderol Rp1 Triliun per unitnya.

Akan tetapi yang perlu diketahui, Mirage 2000-5 ini merupakan pesawat tempur lama yang tentu saja sudah mendapatkan beragam update dari pemerintah dan militer Qatar.

Angkatan Udara Qatar Emiri awalnya memperoleh Mirage 2000-5, varian superioritas udara dari pesawat tempur Dassault Aviation, pada akhir 1990-an.  

Lini produksi Mirage 2000 sendiri telah ditutup pada 2007 setelah pesawat terakhir dikirim ke Yunani pada November 2007.

Selain itu yang perlu diketahui, Indonesia tak hanya sekadar membeli 12 unit Mirage 2000-5 akan tetapu juga beragam hal penunjang yang menyertainya, termasuk komponen dan layanan tambahan.

Penambahan ini terdiri dari 14 mesin, paket layanan dukungan tiga tahun yang komprehensif, peralatan dukungan darat yang penting, ketentuan pelatihan awak, dan berbagai bentuk dukungan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper