Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakernas III PDIP: Sempat "Dikucilkan", Akhirnya Ganjar Duduk di Kursi Spesial

PDIP menggelar Rakernas III di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).
Rakernas II PDIP
Rakernas II PDIP

Bisnis.com, SOLO - PDIP menggelar Rakernas III di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Rakernas tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Megawati dan sejumlah petinggi PDIP lainnya.

Dalam agenda Rakernas dengan tema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara itu, terpantau Presiden ke-7 RI tersebut duduk diapit oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun yang menarik perhatian, Ganjar Pranowo kini akhirnya duduk di sebelah Megawati.

Bisa dikatakan posisi Ganjar "naik kelas" jika dibandingkan dengan posisinya pada HUT PDIP ke-50 pada 10 Januari 2023 lalu.

Saat itu, Ganjar yang belum diumumkan sebagai Capres PDIP disebut redup karena harus berhimpitan dengan kader PDIP lainnya.

Ya, tidak ada kursi spesial buat Ganjar di acara HUT ke-50 PDI-P kala itu. Ganjar yang mencuri perhatian harus menerima dirinya duduk berhimpitan bersama kader PDI yang lain.

Bahkan, kursi yang disediakan PDIP untuk Ganjar bukanlah kursi di barisan terdepan. 

Baris kursi depan diperuntukkan untuk para pejabat negara seperti Megawati, Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ada pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto serta putra-putri Megawati yang juga menduduki jabatan strategis partai, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Selain itu, kursi depan pada HUT PDIP ke-50 juga diisi oleh  sejumlah kader PDI-P di Kabinet Indonesia Maju seperti Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, hingga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas

Sementara di baris kedua, terlihat sejumlah menteri Jokowi di antaranya Menteri Perikanan dan Kelautan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hingga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Di mana Ganjar? Gubernur Jateng tersebut tampak duduk di barisan ketiga, bersebelahan dengan Ketua DPD PDI-P Provinsi Jambi Edi Purwanto dan kader-kader lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper