Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Beri Bonus Rp289 Miliar kepada Atlet Peraih Medali Sea Games 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberikan bonus dengan total senilai Rp 289 miliar kepada kontingen para peraih medali di Sea Games 2023.
Presiden Joko Widodo memberikan bonus untuk atlet peraih medali Sea Games 2023/Bisnis-Akbar.
Presiden Joko Widodo memberikan bonus untuk atlet peraih medali Sea Games 2023/Bisnis-Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberikan bonus dengan total senilai Rp289 miliar kepada kontingen para peraih medali di Sea Games 2023.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menyelipkan cerita saat dirinya menetapkan target perolehan medali pada momen keberangkatan para atlet ke Kamboja beberapa waktu lalu.

"Kita ingat saat pemberangkatan saya bertanya ke Menpora [Menteri Pemuda dan Olahraga] target medali emas berapa? Beliau menyampaikan, 'pak minimal 60', saya bilang 'saya enggak mau 60, minimal 69'. Dan sekarang di Kamboja dapatnya 87 medali emas, 80 medali perak dan 109 perunggu," kata Presiden Jokowi di halaman Istana Negara, Senin (5/6/2023).

Kepala Negara pun berkelakar bahwa realisasi yang lebih tinggi dari target itu akan sejalan dengan tingginya bonus yang akan dikeluarkan oleh pemerintah.

Apalagi, semua pihak baik pelatih, asisten, dan anggota rombongan yang terlibat juga harus diberikan bonus.

"Saya jadi berpikir, bonusnya jadi gede banget, kita hitung-hitung, kita hitung-hitung totalnya Rp289 miliar. Itu untuk atlet, pelatih, asisten pelatih, semuanya diberikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden ke-7 RI itu pun sempat kaget atas prestasi para atlet di Sea Games 2023. Khususnya, beberapa cabang olahraga (cabor) seperti tim basket putri, hoki putra, kriket putri, dan sepak bola.

"Tapi yang mengejutkan memang tim basket putri karena kita enggak pernah dapat emas, sudah 64 tahun. Kemudian juga hoki indoor putra dan kriket putri, ini kita baru berhasil mendapatkan emas, sejak pertama kali ikut Sea Games," imbuhnya.

Terakhir, Jokowi mengapresiasi capaian timnas sepak bola Indonesia yang meraih medali emas Sea Games 2023. Prestasi ini sudah dinantikan masyarakat Indonesia sejak 32 tahun.

"Dan juga tim sepak bola yang sudah 32 tahun enggak pernah kita itu dapat emas, enggak dapat, 32 tahun enggak pernah dapat emas, ini dapat," pungkas Jokowi.

Berikut Rincian Bonus untuk Atlet Peraih Medali Sea Games 2023:

Medali Emas

  • Medali Emas Beregu Rp 367.500.000
  • Medali Emas Tunggal Rp 525.000.000

Medali Perak

  • Medali Perak Ganda Rp 252.000.000
  • Medali Perak Tunggal Rp 315.000.000

Medali Perunggu

  • Medali Perunggu Beregu Rp 110.250.000
  • Medali Perunggu Ganda Rp 126.000.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper