Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakernas III, PDIP Kerahkan Kader Agar Kemiskinan Ekstrem Musnah pada 2024

PDIP akan mengerahkan kadernya agar kemiskinan ekstrem di Indonesia musnah pada tahun 2024.
Suasana pemukiman padat penduduk di Jakarta, Minggu (15/8/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Suasana pemukiman padat penduduk di Jakarta, Minggu (15/8/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) III di di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan pada 6-8 Juni 2023. Dalam kesempatan itu, PDIP akan mengerahkan kadernya agar kemiskinan ekstrem tak ada lagi pada 2024.

Ketua DPP PDIP yang juga Steering Committee (SC) Rakernas, Djarot Saiful Hidayat menjelaskan rakernas III ini merupakan bentuk konsolidasi partai dalam menerjemahkan ideologi Pancasila dalam bentuk program dan kebijakan. Sehingga, tema yang diangkat yaitu "Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara", sesuai amanat Pasal 1 ayat (1) UUD 1945.

Oleh sebab itu, lanjutnya, PDIP berkomitmen agar kemiskinan ekstrem mencapai angka 0 persen pada tahun depan atau 2024, setidaknya di daerah yang dipimpin oleh kader PDIP.

"Kita berkomitmen tahun 2024 seluruh kepala daerah dari PDIP akan betul-betul bekerja, berusaha keras agar 2024 tidak ada kemiskinan esktrem di wilayahnya," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

Memang, dalam rakernas nanti beberapa kepala daerah dari PDIP juga akan hadir untuk memaparkan hasil kerjanya dalam menuntaskan masalah kemiskinan. Dengan begitu, klaimnya, seluruh kader PDIP juga akan terus berusaha mencapai target kemiskinan ekstrem 0 persen. 

"Berarti 10, 12, 13 tahun yang akan datang 0 persen. Tahun 2024 kemiskinan ekstrem yang sekarang ini kurang lebih 1,5 persen itu 0 persen," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Direncanakan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim akan hadir dalam rakernas III PDIP ini.

"Seluruh kepala daerah itu diperintahkan PDI Perjuangan untuk menyusun anggaran yang betul-betul berpihak kepada budgeting. Budgeting itu harus berpihak kepada rakyat miskin. Anggaran juga harus mampu menciptakan lapangan kerja. Anggaran juga harus pro empowerment, berpihak untuk memberdayakan rakyat di wilayah masing-masing," jelas Djarot.

Pemenangan Ganjar

Dalam Rakernas III ini juga akan dibahas agenda strategis pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) usungan PDIP pada Pilpres 2024. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan seluruh elemen partai akan disatukan suaranya untuk memenangkan Ganjar, sesuai strategi dan visi-misi yang telah disiapkan.

"Dengan demikian di dalam rakernas ini, aspek-aspek pemerintahan ke depan, agenda strategisnya, visi misinya, aspek-aspek pemenangan pemilu, dan kemudian ideologi keberpihakan terhadap wong cilik, itu akan dibahas secara khusus," ungkap Hasto pada kesempatan yang sama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir. Begitu juga dengan Ganjar sebagai capres partai. Sementara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memimpin rapat.

"Rencananya Rakernas itu akan ditutup pada tanggal 8 [Juni] sore hari dan di situlah rekomendasi-rekomendasi rakernas akan disampaikan kepada publik," ungkap Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper