Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Contoh Cerita Rakyat Pendek Indonesia Paling Populer

Cerita rakyat pendek bisa menjadi pilihan bacaan untuk anak-anak. Berikut ini contoh cerita rakyat singkat yang populer.
3 Contoh Cerita Rakyat Pendek Indonesia Paling Populer/Pexels
3 Contoh Cerita Rakyat Pendek Indonesia Paling Populer/Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Malin Kundang merupakan salah satu cerita rakyat pendek populer di Indonesia. Di samping itu, masih banyak cerita pendek rakyat lainnya yang populer dan dan mengandung pesan moral.

Lantas, apa yang dimaksud cerita rakyat? Dan apa saja contohnya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Cerita Rakyat?

Cerita rakyat adalah cerita fiksi pada zaman dahulu yang berasal dari tradisi budaya tertentu. Biasanya berkembang secara luas dari mulut ke mulut, tanpa diketahui pengarangnya.

Terdapat beberapa cerita pendek rakyat yang melibatkan unsur lokasi suatu daerah sehingga sangat dipercayai kebenarannya oleh masyarakat. Bahkan, ada juga yang mengisahkan asal usul suatu tokoh maupun tempat. Cerita rakyat termasuk cerita yang fiktif, tetapi ada pula cerita rakyat yang dapat dibuktikan keberadaannya sampai saat ini.

Contoh Cerita Rakyat Pendek

Sebetulnya, banyak sekali cerita rakyat pendek singkat yang dikenal luas oleh masyarakat, beberapa diantaranya seperti di bawah ini.

1. Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan

Zaman dahulu kala, di Desa Prambanan, terdapat kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Baka yang memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Suatu hari, Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso berhasil membunuh Prabu Baka dan menguasai Prambanan.

Kemudian, Bandung Bondowoso menempati Istana Prambanan dan melihat Roro Jonggrang yang cantik jelita sehingga timbul niat untuk memperistrinya. Roro Jonggrang tahu bahwa Bandung Bondowoso telah membunuh ayahnya dan mencari berbagai cara untuk menolaknya dengan mengajukan syarat yang harus diselesaikan hanya dalam waktu semalam. Syaratnya yaitu minta dibuatkan 1.000 candi dan 2 buah sumur yang dalam.

Bandung Bondowoso menyanggupinya dan meminta pertolongan ayahnya beserta roh-roh halus untuk menyelesaikan syarat tersebut. Pukul empat pagi, kedua sumur sudah selesai dan hanya tersisa 5 buah candi yang belum selesai dibangun.

Mengetahui hal tersebut, Roro Jonggrang ketakutan dan berusaha menghentikan usaha Bandung Bondowoso dengan menumbuk padi yang menandakan bahwa waktu pagi segera tiba. Bandung Bondowoso dan para jin bergegas meninggalkan candi terakhir karena mengira waktu sudah pagi. Namun, Roro Jonggrang ketahuan membohongi Bandung Bondowoso dan mengutuknya menjadi patung hiasan di candi terakhirnya itu.

2. Ringkasan Cerita Rakyat Pendek Singkat Asal Mula Gunung Tangkuban Perahu

Zaman dahulu terdapat Kerajaan Kahuripan yang terbagi menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri dan Jenggala. Sebelum Raja Erlangga meninggal dunia, ia berpesan untuk menyatukan kembali dua kerajaan tersebut. Kedua kerajaan sepakat untuk menyatukan kembali kerajaan dengan cara menikahkan Raden Panji Asmarabangun dari Kerajaan Jenggala dan Putri Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri.

Namun, pernikahan keduanya ditentang oleh Ibu Tiri Putri Sekartaji karena menginginkan putri kandungnya yang menjadi Ratu Jenggala. Akhirnya, ia menculik dan menyembunyikan Putri Sekartaji dan ibu kandungnya.

3. Ringkasan Cerita Rakyat yang Pendek, Asal Usul Situ Bagendit

Di Jawa Barat, tepatnya di daerah Garut, hidup seorang janda kaya raya bernama Nyi Endit. Meski kaya raya, Nyi Endit terkenal dengan pribadi yang pelit.

Suatu ketika, seorang pengemis datang ke rumah Nyi Endit untuk meminta sedikit makanan, tetapi Nyi Endit menyuruh pengawalnya untuk mengusir pengemis itu. Alhasil, pengawal tersebut terpental jauh akibat kesaktian dari pengemis.

Pengemis menancapkan ranting pohon ke tanah dan keluarlah air dari lubang bekas ranting. Hujan lebat yang diselingi oleh gempa bumi hebat menyebabkan desa Nyi Endit terendam banjir. Nyi Endit dan pengawalnya tenggelam dan desa itu berubah menjadi sebuah danau yang dikenal dengan sebutan Situ Bagendit.

Demikian penjelasan lengkap tentang pengertian cerita rakyat pendek beserta dengan contohnya. Anda bisa membacakan cerita rakyat pendek tersebut kepada anak-anak untuk dijadikan sebagai pembelajaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper