Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Jet Tempur Buatan Indonesia-Korea Selatan Kembali Sukses Digelar

Dalam penerbangan dicoba berbagai manuver untuk menguji stabilitas pesawat, termasuk manuver push over melewati minus 2,4 G (gravitasi).
Penerbang TNI Angkatan Udara Letkol Pnb. Ferrel “Venom” Rigonald (kiri) dan Park Ji Won dari Korea Aerospace Industries (KAI) berhasil menguji purwarupa KF-21/IF-X Boramae nomor 4 (XFB1) di Sacheon AFB, Korea Selatan, Jumat (2/6/2023)./Antara-Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara.
Penerbang TNI Angkatan Udara Letkol Pnb. Ferrel “Venom” Rigonald (kiri) dan Park Ji Won dari Korea Aerospace Industries (KAI) berhasil menguji purwarupa KF-21/IF-X Boramae nomor 4 (XFB1) di Sacheon AFB, Korea Selatan, Jumat (2/6/2023)./Antara-Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara.

Bisnis.com, JAKARTA - Penerbang TNI Angkatan Udara Letkol Pnb. Ferrel “Venom” Rigonald mengikuti jejak seniornya Kolonel Pnb. Muhammad “Mammoth” Sugiyanto berhasil menguji purwarupa jet tempur buatan Indonesia dan Korea Selatan KF-21/IF-X Boramae di Sacheon AFB, Korea Selatan, Jumat (2/6).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Kolonel Pnb. R. Agung Sasongkojati saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (4/6/2023), menjelaskan Letkol “Venom” Rigonald bertindak sebagai backseater, sementara tandemnya Park Ji Won dari Korea Aerospace Industries (KAI) mengisi front seat dalam uji terbang purwarupa (prototype) Boramae nomor 4 yang disebut juga XFB1.

“Penerbangan uji kali ini dimulai dengan normal procedures pre-test flight, yang mana setelah take off langsung menanjak naik hingga ketinggian 40.000 kaki. Tes sekaligus menguji kehandalan sepasang mesin kembar perkasa General Electric F414-GE-400k dengan daya dorong masing-masing 13.000 lbs (Mil Power) dan 22.000 lbs (Max Power/Afterburner),” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU.

Dia lanjut menjelaskan dalam uji terbang purwarupa Boramae ke-4 itu, Park dan penerbang TNI AU yang menyandang callsign “Venom” merampungkan misi pengujian S&C/CNI (Stability and Control/Communication, Navigation & Identification).

“Dalam penerbangan dicoba berbagai manuver untuk menguji stabilitas pesawat, termasuk manuver push over melewati minus 2,4 G (gravitasi). Jika penerbang tidak terlatih bisa mengalami permasalahan pada gaya gravitasi minus tersebut,” kata Agung Sasongkojati.

Kemudian, penerbang TNI AU dan penerbang KAI itu juga menguji kemampuan dan performa pesawat pada kecepatan 0.95 Mach.

“Penerbangan pengujian kali ini, pesawat belum diuji untuk melewati kecepatan suara,” kata Kadispenau.

Uji purwarupa Boramae ke-4 berlangsung selama 1 jam, pesawat take off pada 14.15 waktu setempat, dan landing (mendarat) pada 15.15 waktu setempat.

Pesawat KF-21/IF-X “Boramae” merupakan pesawat tempur generasi 4.5 yang kemampuannya diyakini mendekati pesawat siluman terdepan dunia saat ini.

Kadispenau menjelaskan pesawat tempur itu merupakan proyek jangka panjang hasil kerja sama Korea Selatan dan Indonesia yang diharapkan tidak hanya memperkuat pertahanan udara NKRI, tetapi juga menjadi ajang alih teknologi kedirgantaraan.

Letkol Pnb Ferrel “Venom” Rigonald, selepas berhasil merampungkan uji purwarupa Boramae, pun menjadi penerbang TNI AU kedua yang berhasil merampungkan misi serupa.

Penerbang tempur TNI AU, Kolonel Pnb Muhammad "Mammoth" Sugiyanto, pada 16 Mei 2023 sukses merampungkan uji terbang perdananya untuk purwarupa Boramae nomor 4 dalam penerbangan tandem bersama Jim Tae Bom dari Korea Aerospace Industries (KAI).

Jim Tae Bom pada posisi front seat, dan Kolonel Pnb Muhammad Sugiyanto di backseat terbang tandem untuk menguji sistem Communication, Navigation, and Identification (CNI-1) & Core Avionics purwarupa jet tempur Boramae nomor empat.

Kolonel Pnb Muhammad “Mammoth” Sugiyanto, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2000 dan Sekbang LX, merupakan penerbang tempur Hawk 100/200 yang berdinas di Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak.

Sementara itu, Letkol Pnb “Venom” Rigonald merupakan penerbang lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2002, dan lulusan Sekbang TNI AU Tahun 2004. Dia juga sempat mengikuti pendidikan Air Command & Staff College di USAF Air University, Alabama, Amerika Serikat.

Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada 31 Mei 2023 menyampaikan terpilihnya dua penerbang TNI AU untuk menguji purwarupa Boramae merupakan suatu pencapaian dan kebanggaan.

“Ini adalah suatu achievement, pencapaian yang luar biasa, karena perlu diketahui untuk mencapai tingkat penerbang uji yang level pabrikan itu, saat ini, TNI AU, hanya punya empat (penerbang),” kata Fadjar Prasetyo.

Dari empat penerbang itu, yang terdiri atas prajurit berpangkat kolonel dan letnan kolonel, dua di antaranya saat ini masih berdinas di Korea Selatan, sementara sisanya di Indonesia.

“Kami menyiapkan sangat, sangat panjang prosesnya, dan mereka orang sangat pilihan, dan dengan diterbangkannya salah satu dari mereka, itu bentuk pengakuan kepada kita bahwa kita mampu secara profesional,” kata Kepala Staf TNI AU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper